Buah dan Sayur Di Juice, Pengaruhi Kandungan Gizi

# Sosialisasi Germas di Kabupaten OKI

Radar Sriwijaya (OKI) – Direktur Kesga Kementerian Kesehatan RI dr Eni Gustina MPH dan DR dr Tan Shot Yen MHum, ahli gizi mengatakan, Konsumsi sayur dan buah segar dalam jumlah cukup akan sangat bagus untuk kesehatan tubuh.

Namun dalam mengkonsumsi buah dan sayur tersebut disarankan agar tidak di blender/juice karena akan akan mempengaruhi kandungan gizi dan gula yang ada di buah dan sayur tersebut.

Hal tersebut disampaikan keduanya pada saat menjadi pembicara pada acara sosilisasi Germas, Sabtu (16/12/2017) di Hotel Dinesty II Kayuagung.

Menurutnya, Untuk selalu menjaga hidup sehat, maka masyarakat harus menjaga pola makan, dengan mengkonsumsi makanan yang memiliki gizi seimbang, cukup karbohidrat, protein, lemak dan vitamin.

Selain itu, Orang tua harus lebih memperhatikan pola makan anak-anaknya, terutama anak-anak sekolah yang cenderung sembarangan jajanan anak di sekolah yang banyak mengandung pengawet, pemanis buatan.

“Anak harus dibiasakan sarapan yang sehat di rumah.”katanya.

Kepala Dinas Kesehatan, HM Lubis SKM MKes, didampingi Sekretaris, Iwan Setiawan, MKes dan dr Heriyan Rhido, AP selaku Kabid Kesehatan Masyarakat, Dinas Kesehatan OKI, mengatakan, kegiatan sosialisasi Germas ini diikuti 150 peserta, terdiri atas guru dan siswa. pihaknya berharap dengan sosialisasi ini masyarakat OKI dapat menjaga prilaku hidup sehat.

“Karena kesehatan itu segalanya.”ujar Kadinkes.

Lanjut dia, dalam sosialisasi itu juga dijelaskan bagaimana mengelola makanan biar bisa bermanfaat bagi tubuh, imbauan agar mengurangi makan gorengan, jangan memanggang makanan langsung di atas bara api, sebaiknya kalau membakar/memanggang makanan harus di bungkus daun pisang.

Porsi makanan juga harus seimbang , sesuaikan dengan usia, kalau diusia pertumbuhan harus banyak mengkonsumsi protein. Intinya makanlah sesuai kebutuhan bukan makan sesuai keinginan.

Adapun acara tersebut dihadiri, dr Eni Gustina MPH (direktur Kesga kementerian kesehatan), DR dr Tan Shot Yen MHum (ahli gizi), acara dibuka oleh asisten 1, Antonius Leonardo, laporan panitia oleh kadinkes OKI, HM Lubis, SKM, moderator, Fery Fahrizal SKM MKes dari Dinkes Propinsi Sumsel. Dalam acara itu ada senam peregangan dan makan buah bersama oleh seluruh peserta, dan penandatanganan komitmen GERMAS. (jem)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *