Doa Bersama Untuk Palestina

Radar Sriwijaya (OKI) – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten OKI menggelar doa bersama sekaligus menyatakan sikap. Aksi ini sebagai wujud solidaritas sebagai umat Islam atas perlakuan keji tentara Israel terhadap warga Palestina serta pernyataan Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang menyatakan Yerussalem sebagai ibukota Israel.

“Pernyataan sepihak Presiden Amerika Serikat, Donald Trump yang menyatakan bahwa Yerussalem sebagai ibukota Israel sangat tidak beralasan. Karena bisa memicu konflik internasional yang tak berkesudahan. Pemerintah Indonesia telah bulat mengakui kemerdekaan Palestina sebagai negara berdaulat dan harus mendapat hak-hak asasi yang berlaku didunia internasional,” kata Ketua PCNU OKI KH Syamsuddin Nur, S.Ag., M.Pd didampingi Sekretaris Abu Yasir Robbani, di Kayuagung, Rabu (13/12).

Berdasar kondisi diatas, masih kata dia, segenap PCNU OKI beserta Badan Otonom seperti muslimat, ansor/banser, fatayat, pager nusa, IPNU, IPPNU, serta para ulama NU Kabupaten OKI menyatakan sejumlah sikap.

Pertama, lanjut dia, keluarga besar NU OKI menyatakan mendukung kemerdekaan Palestina dan mendesak PBB segera memberikan pengesahan keanggotaan Palestina sebagai anggota tetap PBB.

“Bukan itu saja, kami (PCNU OKI) mengutuk keras pernyataan pengakuan sepihak Presiden As Donald Trump yang menyatakan Yerussalem sebagai ibukota Israel karena melanggar prinsip dari resolusi PBB No 2253/1967, resolusi No 71/2016,” jelasnya.

Selain itu pula, pihaknya juga meminta Ketua Umum PBNU untuk aktif menggalang dukungan ulama internasional agar mendesak Organisasi Konfrensi Islam Bersatu dalam menghadapi zionis Israel.

Bahkan, pihaknya juga meminta Kiai Said Agil Siradj mendesak pemerintah Republik Indonesia untuk mempertimbangkan kembali hubungan diplomatik dengan Amerika Serikat dan jika perlu mengusir dubes Amerika dari Indonesia.

Sementara itu, Wakil Ketua PCNU OKI H Solahuddin Djakfar menambahkan pihaknya juga meminta kepada warga NU yang tersebar di OKI untuk membaca doa qunut nazilah memohon pertolongan Allah agar Palestina khususnya dan dunia umumnya dapat tercipta situasi yang aman dan damai.(den)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *