Polres OKI Berikan Bantuan Bibit Jagung

**Go Green kurangi resiko Karhutlah

Radar Sriwijaya (OKI) – Pemanfaatan lahan tidur yang tidak produktif memiliki potensi untuk mengurangi terjadinya Kebakatan Hutan dan Lahan (Karhutlah), disamping memberikan manfaat sehingga dapat meningkatkan perekonomian kepada masyarakat.

Hal ini pula yang dilakukan jajaran polres OKI Sumsel dengan melaksanakan kegiatan  Go green bagi masyarakat sebagai upaya untuk menumbuhkan rasa gotong royong ditengah masyarakat.

Dalam kegiatan Go Green yang dilaksanakan didesa Jambu Ilir Kecamatan Tanjung Lubuk Kabupaten OKI Provinsi Sumatera Selatan, Selasa (23/10/2017), jajaran polres OKI memberikan secara simbolis bantuan bibit jagung kepada warga setempat.

Dalam sambutannya, Kapolres OKI AKBP Ade Harianto SH MH mengatakan, Go green tersebut tidak hanya sebagai salah upaya kepolisian dalam mendekatkan diri dengan masyarakat, Tetapi pemanfaatan lahan tidur ini juga dapat mengurangi resiko terjadi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

“Artinya, warga yang tidak punya pekerjaan ada pilihan, daripada mereka melakukan tindak kejahatan lebih baik bertani dilahan tersebut. Toh dengan modal kecil mereka bisa mendapatkan hasil lumayan besar jika dikelola dengan baik,”ujar Kapolres.

Untuk itu, Lanjut Kapolres, Sejauh ini program Go green ini telah kita laksanakan dalam wilayah 3 Kecamatan dan mudah-mudahan terus berlanjut terutama ke daerah – daerah yang memiliki tingkat kerawanan terjadi karhutla cukup tinggi.

“Daerah- daerah yang lahan gambutnya banyak, disitu kita akan utamakan agar lahan tidur bisa dimanfaatkan masyarakat untuk menanam tanaman-tanaman yang dapat memberikan manfaat ekonomi bagi mereka,”tandas Kapolres.

Kasat Binmas Polres OKI IPTU Siska Arisandi juga menambahkan, disini kita akan melaksanakan program binmas Go green, yaitu dengan memanfaatkan lahan tidur sehingga dapat meminimalisir terjadinya tindak kejahatan seperti curas, curat maupun lainnya.

“Paling tidak mereka punya kesibukan atas adanya lahan tidur yang diubah menjadi lahan pertanian, sehingga tidak terpikir untuk melakukan tindak kejahatan karena hasil dari pengelolaan lahan tersebut juga bisa meningkatkan perekonomian,”kata Kasat Binmas.

Sementara itu, Camat Tanjung Lubuk OKI, Abdul Hakim mengatakan, Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak khususnya Polres OKI atas adanya Program Binmas Go green, dan diharapkan program ini tidak hanya dilaksanakan di Desa Jambu Ilir tetapi juga didesa lainnya dalam wilayah kecamatan tanjung lubuk.

“Meski begitu, tentunya mari acara ini kita suka sukseskan bersama-sama dan khususnya bagi masyarakat desa Jambu Ilir manfaatkan lahan ini dengan sebaik mungkin sehingga bisa membantu meningkatkan perekonomian kalian,”ungkap Camat.

Hal senada juga disampaikan Kepala Desa Jambu Ilir, Yakub, pihaknya selaku pemerintah Desa sekaligus mewakili warganya sangat mengapresiasi atas kehadiran Kapolres OKI, terlebih lagi atas dipilihnya desa mereka sebagai tempat pelaksanaan program binmas Go green Polres OKI.

“Tentunya kami atas nama masyarakat Desa Jambu Ilir sangat berterima kasih dan merasa bangga karena desa kami terpilih menjadi tempat dilaksanakannya program binmas Go green.”ucap Kades.

Diharapkan, Lanjutnya, jika program ini berhasil kedepan akan lebih ditingkatkan lagi melalui pemanfaatan dana desa. Sebab dengan modal yang sedikit tanaman jagung ini dapat memberikan hasil cukup tinggi sehingga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat desa. (den)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *