Hari Ini, DPRD OKI Gelar Rapat Paripurna Pengunduran Diri Bupati OKI

Photo : Salah satu Kegiatan Sidang Paripurna yang digelar Di DPRD OKI. (ist/radarsriwijaya.com)

Pengunduran diri H Iskandar SE sebagai Bupati OKI dua periode tersebut lantaran yang bersangkutan akan maju sebagai calon anggota legislative (Caleg) DPR RI dari Partai Amanat Nasional (PAN) untuk wilayah Sumsel II.

Ketua DPRD OKI Abdiyanto Fikri SH MH saat dikonfirmasi mengatakan, pihaknya akan menggelar Paripurna perihal pengunduran diri Bupati OKI.

“Pengumuman pengunduran diri bupati pada rapat paripurna.” Tulis Abdiyanto saat dihubungi via WhatsApp, kamis (25/5/2023).

Menurut dia sesuai dengan hasil rapat badan musyawarah (Banmus) DPRD OKI, rapat Paripurna dijadwalkan akan dilaksanakan pukul 13.00 wib.

“Yo Jadwalnya jam 13.00 wib”. Tulis dia lagi.

Sebelumnya,  Bupati Ogan Komering Ilir (OKI) H Iskandar SE secara resmi menyampaikan pengunduran diri dan berhenti sebagai bupati OKI periode 2019 -2024 yang masa jabatannya akan berakhir pada 15 Januari 2024 mendatang dan dipercepat pada tanggal 31 Desember 2023.

Surat pengunduran diri sebagai kepala daerah ini disampaikan ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten OKI, Kamis (4/5/203) lalu.

Pengunduran diri tersebut bagian dari rencana H Iskandar SE yang merupakan Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) untuk maju sebagai calon anggota DPR RI, dimana pengunduran diri ini berkaitan dengan pemenuhan syarat administrasi sebagai bakal calon legislatif (bacaleg).

Jika saja nantinya permohonan tersebut disetujui, maka sesuai dengan ketentuan yang ada, Wakil Bupati OKI HM Dja’far Shodiq akan dilantik sebagai Bupati OKI hingga akhir masa jabatan pada 14 Januari 2024, hanya saja  masa jabatan  akan dipercepat hingga 31 Desember 2023.

Hal ini sesuai dengan surat edaran yang dikeluarkan Dirjen Otonomi Daerah (Otda) Kemendagri. Dalam Surat Nomor 100.2.1.3/1775/OTDA, tanggal 27 Maret 2023.(den)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *