oleh

Hindari Kerumunan, Panitia Kurban Masjid Al Munawwaroh Antar Daging Kerumah

-Berita-599 views

Photo : Salah satu hewan kurban yang sudah tiba di Masjid Al Munawwaroh.

Kayuagung,Radarsriwijaya.com,– Dalam rangka menghindari terjadinya kerumunan warga pada hari raya idul fitri atau hari raya kurban 1442 H yang jatuh pada tanggal 20 Juli 2021, panitia penyembelihan hewan kurban Masjid Al Munawwaroh Kelurahan Sukadana Kecamatan Kota Kayuagung tidak membagikan daging hewan kurban di lokasi penyembelihan.

Daging kurban akan diantar langsung ke rumah-rumah warga. Dengan begitu, potensi adanya kerumunan massa guna menghindari penyebaran covid 19.

Ketua panitia penyembelihan hewan kurban masjid Al Munawwaroh, Jamalludin mengatakan, pihaknya mendukung upaya pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran covid 19 dengan tidak menciptakan kerumunan. Pihaknya sudah sejak tahun lalu  melaksanakan pengantaran hewan kurban.

“Kita menghindari terjadinya kerumunan, jadi daging kurban setelah kita timbang diantarkan kerumah masing-masing, kebetulan dikelurahan ada kendaraan operasional roda tiga.” Katanya, senin (19/7/2021).

Jadi dengan para petugas mengantarkan ke rumah-rumah warga, bukan warga yang datang ke masjid akan mengurangi kerumunan.

“Pada tahun ini ada tiga ekor sapi kurban, sedangkan jumlah kambingnya masih belum terkumpul semua. Biasanya besok langsung dibawa ketempat penyembelihan.” Ujarnya.

Pelaksanaan penyembelihan hewan kurban tersebut akan dilakukan di areal sekitar masjid dan dilaksanakan setelah sholat idul adha.

“Cukup tunggu dirumah saja, nanti daging kurban akan kita antar kerumah masing-masing,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perkebunan Dan Peternakan (Disbunak) OKI, Imlan Khairun mengatakan, pihaknya melakukan pengawasan dan pemantauan kesehatan hewan di setiap lokasi penjualan hewan kurban. Setelah pemeriksaan, pihaknya menerbitkan surat keterangan kesehatan hewan.

“Petugas kita juga mendatangi masjid dan mushola yang menyembelih hewan kurban, kita lakukan pendataan sekaligus imbauan,” ,”ungkapnya seraya berharap proses penyembelihan dan pendistribusian hewan kurban dapat berjalan lancar. (den)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed