oleh

Warga Sukadana Gotongroyong Bersihkan Sungai Komering

-Oki Mandira-648 views

Photo : Kegiatan Gotongroyong warga Kelurahan Sukadana.

Kayuagung, Radarsriwijaya.com,- Masyarakat Kelurahan Sukadana Kecamatan Kota Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) secara bergotongroyong membersihkan tumbuhan enceng gondok maupun rumput yang ada di sungai komering dalam wilayah kelurahan tersebut.

Kegiatan tersebut dilakukan warga secara terus menerus setiap hari minggu sampai tanaman pengganggj tersebut benar-benar bersih, setidaknya sudah empat minggu kegiatan goyong royong ini dilakukan, terbaru kegiatan dilaksanakan, minggu (14/3/2021).

Pantauan dilapangan, puluhan warga ini sebagian menggunakan perahu atau rakit dan sebagian lagi turun kedalam sungai yang memang mengalami pendangkalan akibat tumpukan pasir dibagian dasarnya, sedangkan sebagian ibu-ibu mempersiapkan makanan dan minuman untuk warga yang bergotong royong.

Lurah Sukadana Fahrurrozi mengatakan, kegiatan gotongroyong ini murni timbul atas keinginan dan kesadaran masyarakat Sukadana yang prihatin melihat kondisi sungai yang mengalami pendangkalan akibat sedimentasi dan banyaknya rumput dan enceng gondok yang makin lama-makin tebal.

“Sebagai pemerintah setempat kita tentu sangat mengapresiasi keinginan warga ini, sebab semangat gotong royong ini harus terus kita pelihara nilai-nilainya,” Ujar lurah disela kegiatan gotong royong.

Menurutnya, kegiatan pembersihan sungai ini sudah dilakukan sebanyak 4 kali, dimana setiap hari minggu dilakukan pembersihan dengan cara bergotong royong, sebab pada hari lainnya masyarakat memiliki kesibukan masing-masing.

“Kegiatan gotongroyong pembersihan sungai ini adalah salah satu dari beberapa kagiatan yang dilakukan oleh masyarakat, saya sangat berterima kasih dengan warga yang membantu. Dengan gotongroyong dan kebersamaan, permasalahan lebih mudah dihadapi.” Tandasnya.

Lebih lanjut lurah berharap, sifat gotongroyong ini akan terus tumbuh dan terpelihara ditengah masyarakat dalam berbagai sendi kehidupan.

“Bagi yang punya tenaga diharapkan ikut turun gotong royong, bagi yang punya materi silahkan bantu untuk keperluan gotongroyong.  Bagi yang punya doa pun bantu dengan doa sehingga gotong royong tetap terjaga.” tandasnya.

Sementara itu Camat Kayuagung, Iskandar S.Sos, mengapresiasi kegiatan gotongroyong yang dilaksanakan oleh warga Kelurahan Sukadana, hal ini diharapkan dapat secara berkelanjutan dan menjadi kebiasaan masyarakat.

“Gotongroyong ini memang budaya bangsa kita, banyak nilai-nilai luhur yang terkandung didalamnya, apa yang dilakukan warga sukadana ini tentu selaku camat saya memberikan apresiasi.” Ujarnya.

Kegiatan seperti ini sambung camat, hendaknya dapat juga dilaksanakan oleh masyarakat diwilayah lainnya.

“Semoga sifat gotorngroyong akan selalu timbul ditengah masyarakat kita.” Tukasya. (Den)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed