Jangan Nunggu Parah Baru Diperbaiki

**Kerusakan Jalan Sepucuk Dampak pembangunan Tol

Radar Sriwijaya (OKI) – PT Waskita Karya selaku pelaksana proyek jalan Tol Kayuagung-Palembang-Betung (Kapalbetung) diminta segera memperbaiki sejumlah ruas jalan di Kabupaten OKI terutama jalan Sepucuk Kayuagung yang saat ini mengalami rusak parah karena sering dilalui truck PT Waskita yang membawa bahan bangunan proyek tol.

“Kita mendesak PT Wakita Karya untuk segera memperbaiki jalan sepucuk, kayuagung karena rusak parah dan berlobang,”kata Iyan warga Kota Raya Kayuagung.

Menurutnya, pihak pelaksana jalan tol harus bertanggungjawab terhadap jalan tersebut karena kerap dilalui dump truk pengangkut tanah dan bahan bangunan untuk jalan tol.

Trotoar dan Saluran Drainase juga mengalami kerusakan

“Jalan rusak tersebut sangat membahayakan warga sekitar dan pengguna jalan karena kerap terjadi kecelakaan,”terangnya.

Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Gasak, Iwan Gondrong mengecam keras PT Waskita Karya karena telah menjadi biang kemacetan dan kerusakan Infrastruktur jalan raya khususnya dalam kota kayuagung OKI.

“Kerusakan jalan sudah jelas-jelas lantaran banyaknya kendaraan pengangkut material proyek pembangunan jalan tol milik PT Waskita Karya yang melintas, Oleh sebab sudah menjadi kewajiban mereka untuk memperbaikinya,”kata Iwan Gondrong.

Iwan Gondrong mengatakan, rusaknya ruas jalan sepucuk dikarenakan puluhan bahkan ratusan kendaraan pengangkut material proyek pembangunan Jalan tol secara terus menerus melintasi jalan tersebut.

“Artinya, terjadi kerusakan jalan bukan berarti dikarenakan kesalahan Dinas Pekerjaan umum yang tak becus melakukan pembangunan. Tetapi ini murni akibat dilalui kendaraan pengangkut material milik PT Waskita Karya,”tegas Iwan Gondrong.

Menurutnya, PT Waskita harus segera memperbaiki jalan tersebut mengingat jalan itu merupakan akses perekonomian warga setempat.

“Ada beberapa ruas jalan di wilayah Kecamatan Kayuagung yang sudah rusak tapi belum diperbaiki, harusnya jangan menunggu parah baru diperbaiki.”jelasnya.

Sementara itu, kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Kabupaten OKI,  Ir H M Hapis MM melalui sekretarisnya H Sujasmin membenarkan, kerusakan jalan tersebut karena intensitas kendaraan yang melintas lebih tinggi, salah satunya adalah kendaraan yang membawa material pembangunan jalan tol.

“Jalan itu rusak karena ada pembangunan tol, dan pihak waskita selaku pelaksana sudah melakukan survey dan menyatakan siap untuk melakukan perbaikan,” katanya.

Ditambahkannya, pihaknya sudah melakukan pertemuan dengan pihak Waskita Karya terkait kerusakan jalan Sepucuk. “Mereka sudah berjanji dan siap memperbaiki jalan tersebut mudah-mudahan pihak Waskita bisa mempercepat perbaikan jalan tersebut sehingga aktivutas masyarakat tidak terganggu,”ungkapnya.(den)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *