Kapolda Sumsel : Penegakan Hukum Langkah Terakhir Penyelesaian Masalah

**Tinjau pembangunan Jalan Tol di OKI

Radar Sriwijaya (OKI) – Kapolda Sumatera Selatan Irjen Pol Drs Zulkarnain Adi Negara melakukan kunjungan kerja kewilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) memantau perkembangan pembangunan proyek startegis nasional jalan tol Kayuagung – Pematang Panggang, Kamis (30/11/2017).

Kehadiran orang nomor satu dipolda Sumsel tersebut menggunakan helikopter dan didampingi oleh Dir Reskrimsus Polda Sumsel Kombes Pol M.Zulkarnain, S.ik, Dir Sabhara Polda Sumsel Kombes Pol Budi S, S.ik dan Dansat Brimobda Sumsel Kombes Pol Arif Budiman, S.ik.

Kapolda tiba sekitar pukul 08.20 wib langsung meninjau di lokasi seksi 1 proyek pembangunan jalan tol Pematang Panggang-Kayuagung, yaitu Desa Suka Mukti Kecamatan Mesuji OKI dan disambut langsung oleh Kapolres OKI AKBP Ade Harianto, SH.,MH didampingi para pejabat utama (PJU) Polres OKI.

Selanjutnya Kapolda melakukan rapat dan mendengarkan pemaparan progres pembangunan dan kendala yang dihadapi dari Kepala Divisi VI Proyek Pembangunan Jalan Tol Ir Gunadi, MM dan Manager Seksi 1 PT. Waskita Karya, Slamet.

Dalam arahannya, Kapolda meminta agar PT Waskita Karya untuk selalu berkoordinasi dengan tripika setempat dan Pemkab OKI dalam menyelesaikan permasalahan yang ada dengan masyarakat. Polda Sumsel siap memberikan pengamanan dalam proyek pembangunan jalan tol, namun tetap mengedepankan mediasi dan pilihan terakhir penegakan hukum dilaksanakan.

Usai menggelar rapat, Kapolda Sumsel beserta rombongan kelokasi pembangunan jalan tol, diatas jalan tol yang sedang dibangun tersebut Kapolda memimpin apel pengamanan yang dihadiri para peserta apel, terdiri dari 10 orang perwira Polres OKI dan Kodim 0402/OKI, 60 orang anggota Sat Brimobda Sumsel, 12 orang anggota Kodim 0402/OKI, 40 orang Bhabinkamtibmas serta 50 orang dari Sat Opsnal Polres OKI (Sat Reskrim, Sat Intelkam dan Sat Res Narkoba) di jajaran Polres OKI.

Usai melaksanakan apel tersebut, Kapolda Sumsel beserta rombongan selanjutnya melakukan tatap muka dengan tokoh masyarakat, tokoh agama, dan kades se-Kecamatan Mesuji serta ratusan masyarakat dari tiga desa dalam Kecamatan Mesuji, yaitu Desa Sungai Sodong, Desa Suka Mukti dan Desa Mekar Wangi.

“Pembangunan jalan tol Pematang Panggang – Kayuagung adalah proyek strategis nasional yang berdampak positif bagi masyarakat Kabupaten OKI. Yang mana nantinya memudahkan transportasi masyarakat untuk mengangkut hasil bumi ke kota,” Ujar mantan Kapolres OKI ini.

Maka dari itu, masih kata Kapolda, pembangunan jalan tol ini supaya berjalan tepat waktu dan selesai pada bulan Juli 2018. Aman dari gangguan kamtibmas serta hendaknya didukung oleh masyarakat. Jika ada permasalahan yang timbul dapat diselesaikan dengan musyawarah melibatkan kades, instansi terkait dan Pemda OKI.

“Hal ini karena pihak Polda Sumsel hanya akan melakukan penegakan hukum sebagai langkah terakhir dalam melakukan penyelesaian masalah,” tegas Kapolda menambahkan.

Setelah kegiatan tersebut, pukul 10.30 Wib, kemudian Kapolda Sumsel beserta rombongan didampingi Kapolres OKI AKBP Ade Harianto, SH.,MH dengan menggunakan helikopter melanjutkan kunjungan ke PT OKI Pulp and Paper Mils di Desa Sungai Baung Kecamatan Air Sugihan OKI.

Lalu pukul 11.15 Wib, Kapolda Sumsel dan rombongan didampingi Kapolres OKI tiba di Dusun Sungai Baung Desa Bukit Batu Kecamatan Air Sugihan, tepatnya di areal PT OKI Pulp and Paper Mils, yang disambut oleh Kapolsek Air Sugihan Iptu Regan Kesuma, Kasatpol Air Polres OKI IPTU Usman Paijo dan manager PT OKI Pulp, Gadang H Hartawan.

Dimana selanjutnya Kapolda Sumsel dan rombongan meninjau lokasi perusahaan tersebut dan diakhiri dengan makan siang bersama. Pada pukul 12.30 Wib, Kapolda Sumsel dan rombongan bertolak kembali ke Kota Palembang. (den)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *