Warga Singapura Mulai Lancar Kepersawahan

** Pembangunan Talud Selesai dikerjakan

Radar Sriwijaya, (OKU) – Dana Desa (DD) yang dikucurkan pemerintah pusat langsung ke desa-desa mulai terasa manfaatnya bagi masyarakat desa, seperti salah satunya pada pembangunan infrastruktur talud di Desa Singapura Kecamatan Semidang Aji Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) sudah terealisasi 100% pembangunannya.

Saat dibincangi Radar Sriwijaya, dikediamannya Minggu (22/10/2017) Kepala Desa Singapura Herkules Saputra mengatakan, jika  pembangunan talud dibiayai  menggunakan Dana Desa Tahap I Tahun 2017, yang sumber dananya dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Dari Dana Desa itu, maka kita anggarkan dalam APBDes, Selain itu didasari melalui Musyawarah Desa (Musdes) yang  hasilnya telah disepakati oleh warga untuk DD Tahap I ini di bangun talud.

Pembangunan talud kata Herkules, berukuran 2 meter dikerjakan dengan melibatkan masyarakat desa Singapura, secara gotong-royong dan Alhamdulillah bangunan talud ini sudah selesai, sehingga dapat  memperlancar akses jalan bagi masyarakat desa ke area perkebunan atau persawahan milik mereka.

“Dengan dibangunnya talud juga akan mempermudah warga desa mengangkut hasil bumi. Disisi lain progres pembangunan talud bisa  meningkatkan perekonomian masyarakat desa serta sebagai wilayah pengembangan ekonomi desa yang akses jalannya kini sudah lancar, hal ini pun sebagai bukti bahwa Pemerintah Desa Singapura telah mewujudkan fungsi dan peran dari dana desa, yang bisa menunjang kebutuhan di segala bidang,” terang dia.

Selain pembangunan infrastruktur, Herkules mengungkapkan, Pemerintah Desa Singapura akan mencoba mengembangkan ekonomi masyarakat di bidang pemberdayaan berupa home industri, dan usaha ekonomi produktif, sebagai wilayah pengembangan di segala sektor secara keseluruhan, nantinya akan memberdayakan masyarakat desa dan karang taruna.

“Iya, secara bertahap mudah-mudahan program ini dapat terwujud sesuai dengan keinginan masyarakat desa,” pungkas Herkules.

Sementara itu, Jauhari salah seorang warga Desa Singapura yang merupakan tokoh adat setempat menuturkan sangat berterima kasih kepada Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah yang telah memberikan bantuan ke desa melalui dana desa untuk kepentingan masyarakat.

“Kami selaku warga merasa terbantu dengan dana desa ini, karena manfaatnya bisa langsung dirasakan oleh masyarakat,” ucapnya. (Ariyan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *