Gencar Pasang Spanduk dan Patroli Karhutla

**Sekat Kanal Polres OKI Multi Fungsi

KAYUAGUNG – Pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) terus diintensifkan tim terpadu Polri, TNI, Manggala Agni, dan Masyarakat Peduli Api (MPA). Kamis (27/7), Kapolres OKI AKBP Ade Harianto SH bersama rombongan melakukan patroli dan memasang spanduk larangan pembakaran hutan dan lahan di kawasan Sepucuk, Ogan Komering Ilir (OKI).

“Melihat di beberapa daerah sudah masuk musim kemarau dan terjadi kebakaran, untuk itu kita gencar melakukan antisipasi,” ungkap Kapolres OKI AKBP Ade Harianto SH MH saat ditemui di kawasan Sepucuk.

Ditambahkan Kapolres, bahwa sebelumnya juga telah dilakukan pembuatan kanal blocking. Sekitar 245 kanal blocking telah dibuat oleh tim gabungan bersama masyarakat.

“Kanal blocking merupakan cara untuk meminimalisir dan mengantisipasi serta mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan,” ujarnya.

Apalagi sekat kanal yang ada terutama di kawasan Sepucuk menjadi multi fungsi. Karena selain mencegah karhutla, air yang disekat bisa digunakan masyarakat untuk keperluan sehari – hari seperti mencuci kendaraan dan memancing,” bebernya.

Untuk maklumat pelarangan karhutla, tim Polri TNI, Manggala Agni dan MPA juga telah disebar ke perusahaan dan desa yang rawan kebakaran.

“Diharapkan kesadaran masyarakat dapat terbangun untuk tidak membuka hutan dan lahan dengan cara membakar, karena dampaknya bisa menimbulkan kerugian di masyarakat luas, seperti yang pernah terjadi di tahun – tahun sebelumnya,” tukasnya. (Str)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *