Kontes Batu Akik Baturaja Diikuti Peserta Dari Luar Sumatera

Foto : Batu Akik. (Ist.net)

Radar Sriwijaya (OKU) – Asosiasi Perbatuan Baturaja (APB) mengadakan kontes batu akik baturaja Yudi Purna Nugraha (YPN) Cup ketiga , Nasional Gemstone Competition Baturaja yang di selenggaran dijalan lintas baturaja kecamatan baturaja timur dimulai tanggal 25-28 januari 2024.

Ketua panitia Arjuin Taqwa, S.HI sekaligus ketua APB mengatakan.” Kontes batu akik ini kita lakukan selama empat hari dimulai tanggal 25-28 januari 2024 dan ini kontes YPN Cup ketiga.

Kontes kita lakukan untuk melestarikan hasanah perbatuan dan membangkitkan ekomoni kreatif bagi menghobi batu akik.”jelasnya kamis 25/01/2024.

Kontes ini sendiri dikuti berbagai provinsi yang ada diindonesia diantaranya lampung, jakarta, palembang, bengkulu, Purbalingga, surabaya padang dan daerah yang ikut ini memang daerah penghasil batu dan mereka membawah batu yang memang hasil dari daerah mereka.”ujar cik win panggilan akrap ketua panitia.

Sementara untuk dewan juri ada empat orang dari jakarta satu orang Baturaja dua , dan satu orang dari padang

656 kelas yang dipertandikan, diantaranya batu biru langit (pelitus) purple, bacan, kali maya, bungur batu gambar, bungur dan banyak lagi yang lainnya sementara itu untuk kelas yang dipertandingkan sebanyak 656 kelas.” Terangnya.

Sedangkan untuk hadiah pemenang lanjut Cik Win.” Hadiah juara umum pertama sebesar delapan juta, juara dua lima juta sedangkan juara ketiga dua juta rupiah dan ditambah dengan piagam dan plakat.pungkasnya.(Diq)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *