oleh

Bawaslu OKI Gelar Media Gathering Peran Media Dalam Mengawal Tahapan Pemilu Serentak 2024

Photo : Kegiatan Media Gathering yang digelar di Hotel Cipta Kayuagung, Rabu (23/11/2022).

Radarsriwijaya.com, (OKI).– Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) menggelar kegiatan Media Gathering bersama para insan pers yang bertugas di OKI.
Kegiatan yang mengambil tema peran media dalam mengawal tahapan pemilu serentak tahun 2022 tersebut dipusatkan di Aula Hotel Cipta Kayuagung, Rabu (23/11/2022).

Ketua Bawaslu OKI Ikhsan Hamidi, dalam sambutanya mengatakan, media memiliki peran yang sangat penting dalam mewujudkan suksesnya pelaksanaan pemilu serentak Di OKI.

“Peran media sangat penting, selain sebagai kontrol sosial tentu penyebaran informasi tahapan pemilu serentak agar dapat tersampaikan dengan baik kepada masyarakat”, kata Ikhsan saat membuka media gathering.

Media massa yang memiliki jangkauan yang luas akan dengan mudah menjangkau masyarakat, oleh sebab itu pihaknya berharap awak media akan memberikan konstribusi positif tidak hanya sosialisasi kegiatan saja tetapi dalalam hal pengawasan dan informasi terkait temuan di lapangan melalui pemberitaan.

Sementara itu Narasumber dalam kegiatan tersebut Dr Icuk M Sakir M.Si menjelaskan keberadaan pers yang profesional ditengah kontestasi politik, sebab meskipun kualitas sumber berdaya manusia (SDM) yang dituntut lebih baik serta taat azas dan memahmi kode etik, ada hal lain yang juga menjadi ancaman ketika pemilik media terlibat dalam kontestasi politik.

“Dalam pendekatan politik ekonomi, kekuatan pemilik modal yang menguasai media begitu besar pengaruhnya terhadap netralitas dan independensi media, kecendrungan kelompok pemilik media akan menggunakan medianya untuk mempengaruhi opini serta menciptakan citra publik”. Katanya.

Padahal, sambungnya, adalah hak masyarakat untuk mendapatkan informasi yang benar secara utuh secara berimbang.

“ini menjadi tantangan, namun bukan berarti netralitas dan independen tersebut tidak bisa diwujudkan, karena semua ada standard dan ketentuan yang mengaturnya, selain itu publik tentu akan menilai”. Tandasnya.

Sementara itu Kadiskominfo OKI yang diwaliki oleh Kabid PKP Adiyanto sebagai narasumber kedua menjelaskan tentang berbagai fenomena maupun kebiasaan masyarakat dalam memanfaatkan maupun menggunakan media, termasuk media sosial yang saat ini memiliki kekuatan yang besar untuk mempengaruhi persepsi publik.

Rendahnya kemampuan literasi ditengah badai informasi yang datang begitu kencang membuat masyarakat sering kali termakan hoaks dan mudah terpengaruh oleh informasi yang diragukan kebenarannya.

“Disini peran media massa menjadi sangat penting untuk menyajikan informasi yang akurat dan terpercaya serta independen”, urainya.

Kegiatan media gathering yang mengusung tema, peran media dalam mengawal tahapan pemilu serentak tahun 2022 ini dihadiri oleh para komisioner Bawaslu OKI, Ikhsan Hamidi, Hadi Irwawan, M Fachruddin dan M Kafrawi serta sekitar 50 awak media yang bertugas di OKI, baik media cetak, elektronik maupun media online.(den)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed