oleh

Curi Motor Mahasiswi, Kaki Yoga Ditembak Polisi

-Kriminal-101 views

Foto  : Tersangka Yoga saat diamankan petugas. (armizi/Radar Sriwijaya)

 

Radar Sriwijaya (OKU) – Pelaku pencurian sepeda motor milik Nita Apriyana (21) seorang Mahasiswi yang tinggal jalan Kapten M.Nur No 273 RT 003 RW 002 Kelurahan Sukaraya Kecamatan Baturaja Timur Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Sumatera Selatan, akhirnya terungkap.

Sepeda motor yang biasa digunakan korban  untuk pergi ke kampusnya, pada selasa (23/2/2021)  hilang saat parkir di kosannya, beruntung, motor tersebut ditemukan bersama dengan pelaku pancurian.

Kapolres OKU, AKBP. Arif Hidayat Ritonga, S.IK, MH melalui Kasubag Humas Polres OKU, AKP. Mardinursal Selasa (30/03/2021) menerangkan, peristiwa ini terjadi pada Selasa tanggal 23 Februari 2021 sekira Pukul 01.00 wib di Parkiran sepeda motor di kontrakan Rakiyan Jalan Kapten M.Nur No 273 RT 003 RW 002 Kelurahan Sukaraya Kecamatan Baturaja Timur OKU.

 ” Pencurian sebagaimana dimaksud dalam pasal 363 KUHP yg diduga dilakukan oleh tersangka Yoga Pirnando (21) bersama-sama dengan terlapor NV (30) (DPO) dengan cara mengambil 1(satu) unit sepeda motor Honda Beat warna putih biru bernopol BG 4107 KAI menggunakan kunci “T” untuk merusak kontak sepeda motor.”urainya.

Selanjutnya sepeda motor hasil curian dibawa ke Desa Pagar Gunung Kecamatan Rambang Lubay Kabupaten Muara Enim untuk dijual kepada orang yang berminat.

Lalu, pada minggu tanggal 28 Maret 2021 sekira pukul 01.00 Wib, lanjut Maesin, team opsnal Unit Reskrim Polsek Baturaja Timur dipimpin Kanitreskrim Iptu G Suhaimi sedang melakukan patroli hunting antisipasi balapan liar yang sering terjadi di malam minggu.

“Saat melintas di SPBU Air paoh team opsnal melihat beberapa orang yang sedang berkumpul disekitar SPBU,team opsnal PolsekTimur mencoba bersikap persuasif dengan menyapa dan menegur mereka untuk segera pulang kerumah karena hari sudah larut malam.”ungkapnya.

Tetapi Yoga Pirnando (tersangka,red) memperlihatkan gerak-gerik mencurigakan, sehingga team mengambil tindakan mengamankan dan menggeledah badan terlapor, pada tersanka Yoga Pirnando, setelah digeledah ditemukan set kunci T.

“Setelah diinterogasi didapat baket bahwa kunci tersebut pernah digunakan untuk mengambil 1(satu) unit sepeda motor Honda Beat sebagaimana telah diterangkan diatas, motor hasil curian sudah dijual oleh tersangkan kewarga desa Pagar Gunung Kecamatan Rambang Lubay Kabupaten Muara Enim.” katanya.

Anggota Polsek Baturaja Timur Berkoordinasi dengan Polsek Rambang Lubai Muara Enim team opsnal berhasil menemukan barang bukti sepeda motor yang sudah dijual tersangka, sedangkan uang hasil penjualan motor sudah digunakan tersamgka untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari serta membeli celana dan kaos.

Pada saat melakukan pencarian barang bukti tersangka sebagai penunjuk jalan, tersangka berusaha melarikan diri dan melepas borgol jempol yang semula dipergunakan untuk tindakan pengamanan terhadap tersangka.

“Unit opsnal mencoba mengejar terlapor dan memberikan tembakan peringatan keudara sebanyak tiga namun tersangka tetap mencoba melarikan diri bahkan bermaksud melakukan perlawanan dengan mencabut pagar kayu milik warga yang ada pakunya dan bermaksud menyerang personil unit opsnal, hingga akhirnya dilakukan tindakan tegas dan terukur dan mengenai kaki kiri terangka.

Setelah itu tersangka dibawa dan dilakukan perawatan secara medis selanjutnya terlapor dibawa ke Mapolsek Baturaja Timur untuk pengusutan secara hukum.

Sedangkan pelaku NV yang berhasil melarikan diri saat team opsnal mengamankan tersangka Yoga Pirnando sedang dilakukan pengejaran dan dimasukkan dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) selain mengamankan tersangka juga diamankan barang bukti 1(satu) unit sp motor Honda Beat warna putih biru tanpa no pol, Noka MH1JFP118FK256803,Nosin JFP1E1259923, set kunci T, satu buah BPKB sepeda motor an.Rudi Heriadi Sinaga(milik pelapor) 1(satu) lembar STNK sp motor an.Rudi Heriadi Sinaga no.pol BG 4107 KAI (milik pelapor).

“Kemudian  1(satu) buah kunci kontak sepeda motor Honda Beat (milik pelapor)1(satu) helai celana pendekwarna putih, 1(satu) bh kaos warna kuning bergaris, 1(satu) bh kaos warna hitam bertuliskan Still Hight.”tandasnya.(Diq)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed