oleh

Liburan Akhir Tahun Di Danau Ranau

-Artikel-466 views

Penulis : Asep Trisutrina, SE

Radar Sriwijaya,- Liburan akhir tahun sangat dinanti nanti bagi masyarakat khususnya masyakarat dari kalangan pekerja, karna momen ini paling ditunggu untuk dapat berkumpul bersama keluarga dan pergi berwisata menghabiskan libur akhir tahunnya.

Biasanya masyarakat yang menghabiskan libur akhir tahunnya mengunjungi berbagai objek wisata baik di dalam sumatera selatan maupun luar sumatera selatan. Salah satu Objek wisata yang berada di Sumatera Selatan yang sering dikunjungi adalah objek wisata Danau Ranau.

Karena Danau Ranau adalah danau yang terbesar kedua di Pulau Sumatera. Danau ini dikelilingi oleh perbukitan dan lembah serta pemandangan Gunung Seminung di belakangnya.

Kondisi airnya yang jernih juga semakin menambah pesona Danau Ranau.
Danau Ranau terbentuk dari hasil proses alami melalui gempa dan ledakan vulkanik yang menciptakan serpihan besar. Sebuah aliran dari Gunung Seminung kemudian mengosongkan serpih ini yang mengubahnya menjadi danau.

Di kaki Gunung Semiung terdapat air panas alami yang berasal dari dasar danau. Sebuah air terjun, yaitu Subik, juga bisa dilihat di sekitar danau. Danau Ranau terletak di perbatasan Lampung Barat, Provinsi Lampung.

Di bagian tengah danau terdapat sebuah pulau yang oleh penduduk setempat menyebutnya Pulau Marisa. Pulau ini merupakan daerah persawahan yang cukup luas, pohon-pohon kelapa dan hutan yang menjadi rumah bagi beberapa jenis hewan primata.

Selain popular dengan keindahan alam yang ditawarkan, Danau Ranau juga terkenal dengan ikan-ikan di danau yang cukup besar, mulai dari ikan mujair, ikan harongan, ikan kepiat dan ikan kepor.

Danau Ranau juga memiliki tempat yang sangat bagus untuk dikunjungi seperti pantai pelangi, pantai bidadari, pelataran banding agung,Ranau rafting, Tama bunga,pemandian air panas dan Waterboom.

Tempat wisata tersebut bisa dikunjungi semua karna jaraknya tidak berjauhan. Setiap hari weekend dan hari libur nasional objek wisata di danau Ranau ini ramai dikunjungi wisatawan apalagi pada saat libur akhir tahun seperti ini.

Namun berbeda dengan liburan akhir tahun 2020 ini. Dimana pandemi covid 19 yang masih melanda bangsa ini membuat masyarakat yang memanfaatkan liburan akhir tahunnya sedikit berkurang karna kekhawatiran akan penyebaran virus covid 19.

Pesan kami bagi masyarakat yang tetap ingin menghabiskan waktu libur akhir tahun diharapkan untuk menunda terebih dahulu, dan lebih baik berkumpul bersama keluarga dirumah, namun kalaupun tetap ingin berlibur maka tetap ikuti protokol kesehatan seperti memakai masker, jaga jarak dan sering mencuci tangan dan diharapkan juga tidak berkerumun. Sebagaimana himbauan yang dilakukan oleh pemerintah daerah maupun pihak kepolisian.(*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed