oleh

Kabupaten OKI Siap Menjalankan Program Food Estate

Photo : Sidang Paripurna DPRD OKI mendengarkan pidato Presiden.

Radar Sriwijaya (OKI),- Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) siap jika ditunjuk untuk menjalankan program food estate yang digagas oleh pemerintah pusat. Program yang disebut untuk menjaga ketahanan pangan di Indonesia itu, sejauh ini baru dijalankan di beberapa wilayah di Indonesia, salah satunya di Papua, Kalimantan, dan Maluku.

Bupati OKI H Iskandar, SE usai mendengarkan pidato Presiden di ruang rapat paripurna dewan setempat, Jumat (14/8/2020) mengungkapkan, produksi pangan di Kabupaten OKI cukup baik dan termasuk salah satu lumbung pangan di tanah air. Sehingga menurut dia, pihaknya siap menjadi food estate di tanah air.

“Harus pandai manfaatkan peluang sekecil apapun untuk kemajuan masyarakat. Ini ada peluang juga untuk jadi food estate, untuk memajukan suplai makanan seluruh Indonesia, setidaknya di Sumsel. Kita siap untuk itu, apalagi prioritas kita untuk jadi lumbung pangan Indonesia,” ungkapnya.

Dikatakannya, sesuai apa yang dikatakan oleh Presiden dalam pidatonya jelang puncak peringatan HUT Kemerdekaan RI kali ini, semua komponen harus bergotong-royong untuk membuka peluang memajukan negara. Menurutnya, peluang ke depan untuk bangkit dari pandemi sangatlah besar.

Lebih lanjut dia mengibaratkan, saat ini sebagai komputer yang harus di-restart ulang, dimana akibat pandemi ini banyal paradigma dan kebiasaan baru yang harus dilakukan agar tetap produktif.

“Situasi ini memang banyak dampaknya dan sungguh menghancurkan ekonomi dunia,” ujarnya.

“Paradigma lama yang menghambat pertumbuhan kita harus ditinggalkan, apalagi ditunjang dengan teknologi digital, dan itu akan mempermudah maju memanfaatkan peluang yang ada,” katanya menambahkan.

“Dengan pandai melihat peluang ini, harapan dan cita-cita kemerdekaan untuk menjadikan negara yang maju, makmur, cerdas dapat dipenuhi,” pungkas dia

Dalam kesempatan tersebut Iskandar juga meminta kepada seluruh eleman masyarakat harus dapat melihat peluang sekecil mungkin untuk tetap produktif dan membuat negara ini semakin maju. Apalagi, pandemi saat ini telah merubah banyak kebiasaan dan paradigma sehari-hari.

Sementara itu, Ketua DPRD OKI Abdiyanto mengatakan, pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) tak boleh menyurutkan semangat peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 tahun ini.

“Masyarakat harus tetap semangat dalam memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-75 meski di tengah pandemi Covid-19,” ajak Abdiyanto.

Menurut dia, peringatan HUT Kemerdekaan RI kali ini memang sangat berbeda dari biasanya, dimana saat ini Indonesia tengah dihadapkan dengan bencana non alam yang melanda berbagai wilayah di Indonesia.

Sesuai dengan tema HUT RI ke-75 yaitu ‘Indonesia Maju’, dia berharap hal itu tertanam di dalam setiap jiwa anak bangsa untuk terus bersemangat dan terus maju sehingga negara tetap dapat berkompetisi dalam dunia global.

“Dengan tema ini, semoga jadi semangat untuk terus maju dalam kompetisi secara global dalam semua bidang untuk mengharumkan nama bangsa dan mewujudkan cita-cita leluhur walau dalam kondisi pandemi,” ujarnya.(amj)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed