oleh

Masjid Ramadhan RT 13 Kemalaraja OKU Sembelih 9 Sapi Dan 3 Kambing Kurban

Foto armizi/Radar Sriwijaya

Radar Sriwijaya (OKU) – Pengurus masjid Ramadhan Rw.04.Rt.13 Kelurahan Kemalaraja Kecamatan Baturaja Timur Kabupaten OKU, Sumsel menyembelih 9 Sapi dan 3 Kambing kurban. Penyembelihan dilakukan di halaman masjid, sabtu (1/8/2020).

“Tahun 1441 H /2020 M ini kita menyembelih hewan qurban sebanyak sembilan ekor sapi dan tiga ekor kambing, daging qurban ini akan kita bagikan dengan warga yang berhak menerimanya yakni sebanyak 650 orang yang merupakan warga setempat ujar.”Nasruddin, S.Pd.I, M.Si ketua panitia.

Menurutnya, Penyembilihan ini tetap mematuhi protokol kesehatan yakni dengan memakai masker dan cuci tangan untuk memutus rantai penukaram virus corona.

“Memang sejauh ini di kampung kita tidak ada yang terkena virus tersebut tapi kita harus tetap waspada. Masker kita didapatkan dari dinas kesehatan melalui Adi Prapto.” jelasnya.

Selain itu lanjut Nasruddin, Sapi dan kambing yanga akan kita jadikan qurban yakni milik warga setempat dan Sesuai dengan aturan dalam agama islam untuk satu ekor sapi tujuh orang pengorban sedangkan untuk kambing, satu kambing satu pengorban.

Sapi ini sambungnya, dibeli warga dengan sistem arisan sedangkan kambing sendirian, hewan ini juga sudah dilakukan pemeriksaan kesehatan dengan dinas terkait yakni dinas perternakan dan perikanan termasuk juga umurnya dilakukan pengecekan.

“Alhamdulllah setelah dilakukan pengecekan sapi dan kambing semuanya sehat dan umurnya juag sudah masuk.”terangnya.

Nasruddin menambahkan, hewan qurban ini seharusnya kita sembelih hari jum’at kemarin 31/07/2020 setelah sholat idul adha, tapi karena hari jum’at waktunya singkat karena persiapan untuk sholat jum’at, maka dilaksanakan hari ini.

“Penyembelihan kita lakukan dihalaman masjid dan daging ini nanti pembagiannya akan kita antarkan kerumah warga yang sudah kita data sebelumnya, mengapa kita lakukan demikian agar tidak terjadi kerumunan , selain itu kita yang bekerja juga enak.”terangnya.

Selaku panitai tambah Nasruddin, pihaknya mengucapkan terima kasih dengan warga yang telah percaya dan menyerahkan hewan qurban dengan  pengurus masjid, pihaknya juga berterima kasih dengan dinas kesehatan, dinas peternakan dan perikanan serta Saudara Bambang selaku seketaris dan Joko widodo sebagai bendahara dan Zaidan Jauhari Sebagai koordinator dikepanitiaan ini.

“Semoga tahun yang akan datang akan bertambah banyak lagi warga yang berqurban.” pungkasnya.(Diq)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed