oleh

Kawah Es Korolev Di Planet Mars

Photo :  ist.

Radar Sriwijaya, – Belum lama ini, badan antariksa Eropa ( ESA) mengunggah video penerbangan pesawat ruang angkasa mengelilingi planet Mars.

Salah satu pemandangan yang menakjubkan yang ditampilkan ESA yakni penampakan kawah paling menakjubkan di planet merah ini.

Video ini dibuat dengan menggunakan citra dari kamera beresolusi tinggi Mars Express, High Resolution Stereo Camera (HRSC).

Melansir Science Alert, Sabtu (4/7/2020), gambar-gambar yang ditampilkan menunjukkan topografi Mars yang direkam dalam berbagai perspektif.

Kawah Korolev adalah kawah di Mars dengan berdiameter 82 km dan paling dalam 2 km.

Kawah ini terpelihara dengan baik, terletak di dataran rendah utara Mars.

Tepat di sisi selatan, sepetak besar tanah yang dipenuhi bukit pasir yang mengelilingi bagian dari penutup kutub utara planet merah ini yang dikenal dengan Olympia Undae.

Uniknya, di dalam kawah meski tampak seperti material salju, namun ternyata di dalam kawah berisi es air.

Pada gundukan yang berada di pusat kawah sekitar 1,8 km, sepanjang tahun lapisan es tersebut selalu tebal.

Itu adalah salah satu reservoir es non-polar terbesar di Mars.

Lantas bagaimana lapisan es tersebut tetap stabil di Kawah Korolev?

Sama halnya lapisan es kering di Bumi, es air di Mars biasanya berubah dari padat menjadi gas dengan tekanan atmosfer yang rendah.

Mars memiliki sekitar 8 milibar sedangkan di Bumi rata-rata, tekanan atmosfer di permukaan laut adalah 1013,25 milibar, atau sekitar 14,7 pon per inci persegi.

Akan tetapi, suhu juga dapat memengaruhi stabilitas es, sebab es air yang stabil secara permanen di Kawah Korolev, bagian terdalam dari depresi ini bertindak sebagai perangkap dingin alami.

Para ilmuwan badan antariksa Eropa, ESA, menjelaskan udara di atas es mendingin dan karenanya lebih berat dibandingkan dengan udara di sekitarnya.

Sebab, seperti diketahui udara adalah penghantar panas yang buruk, sehingga gundukan es air secara efektif terlindungi dari pemanasan dan sublimasi.

Nama kawah es di Mars ini, Kawah Korolev, dinamai dari insinyur roket Rusia dan desainer pesawat ruang angkasa Sergei Pavlovich Korolev (1907-1966).(*)

Sumber : Kompas.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 comment

News Feed