oleh

Pengurus Perhiptani OKU Dikukuhkan

Radar Sriwijaya (OKU) – Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (Perhiptani) OKU, dengan Ketuanya Dr. Drs. H. Achmad Tarmizi, SE, MT, MSi, MH masa bakti 2018-2023 dikukuhkan Ketua DPW Perhiptani Sumsel, Ir. Hj. Nurjanah Humaidah, MSi di Pendopo Rumah Dinas Bupati OKU, Selasa (02/04/2019).

Turut hadir pada pelantikan tersebut Kepala BPS OKU Ir. Budiriyanto, MAP, Ketua DWP OKU Hj Susmadiana Tarmizi, Para Asisten, Staf Ahli, Kadis Pertanian Joni Saihu, Kadis Perikanan dan Peternakan Tri Aprianingsih, Kadis Ketahanan Pangan  Supriyono, Kadis Capil Ajahri, UPTD Pertanian serta beberapa pengurus kelompok tani dan undangan lainnya.

Ketua DPW Perhiptani Sumsel, Maryanah Humaidah berharap pada Pemerintah Kabupaten OKU untuk memberi dukungan dana untuk mendukung peningkatan kinerja para penyuluh, guna meningkatkan produksi hasil tani. Adapun kabar gembiranya karena di Indonesia hanya ada dua Provinsi yang memperoleh program SERASI yakni Kalimantan Barat dan Sumatera Selatan. Di Sumsel sendiri hanya ada tujuh Kabupaten yang mendapat program tersebut.

“Kegiatan serasi kita agar menampilkan infrastruktur agar lebih baik, menjadikan lahan kita produktivitas dan produksi yang tinggi serta menggabungkan unsur penyuluhan usaha bersama yang dicanangkan menteri Pertanian sehingga berhasil dengan baik,” ujarnya

Menurut Nurjanah, Sumsel bisa mengalahkan Sumatera Utara, ini perlu dukungan pemerintah kabupaten dan perlu juga Bupati supaya dukungannya lebih kuat kepada penyuluh, apalagi yang terpilih menjadi Ketua Perhiptani sehari harinya menjabat Sekda OKU.

Dulu para penyuluh lapangan sangat dibantu oleh pemerintah, apalagi sekarang penyuluh sudah dikontrak menjadi THL yang dikontrak pemerintah. Motivasi para penyuluh dharapkan akan lebih giat lagi dalam bekerja. Perhiptani ini sebuah organisasi profesi, yang bersifat keilmuan dan keahlian. Dari pengukuhan semua ini untuk membantu pemerintah, terutama kepada pelaku utama (petani, peternak) bisa menambah ilmu pengetahuannya untuk memecahkan setiap permasalahannya.

Sementara itu Bupati OKU H. Kuryana Azis dalam sambutannya mengatakan, siap memberi dukungan pada Perhiptani. Apalagi dukungan ini untuk kepentingan para petani untuk meningkatan hasil tani, yang berawal dari kerja para penyuluh pada petani, baik melalui kelompok tani maupun petani perorangan.

Kuryana Azis juga mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan Musda Perhiptani OKU yang menghasilkan ketua terpilih Dr. Drs. H. Achmad Tarmizi, SE, MT, MSi, MH serta beberapa pengurus bidang Perhiptani lainnya. Ke depan diharapkan para penyuluh pertanian dapat terus meningkatkan kinerja dan kualitas pelayanannya kepada segenap masyarakat di OKU yang memiliki lahan pertanian yang cukup luas.

Usai pelantikan Ketua DPD Perhiptani OKU berharap rekan-rekan pengurus yang telah dilantik segera melakukan aksi sesuai dengan Anggaran Dasar Perhiptani.

Sebagaimana diketahui dalam mukadimah Anggaran Dasar Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (Perhiptani) dijelaskan bahwa Sasaran jangka panjang Pembangunan Nasional Indonesia adalah tercapainya masyarakat yang sejahtera.

Untuk menuju masyarakat yang sejahtera maka perekonomian nasional dikembangkan dengan bertumpu pada usaha pengembangan agribisnis yang merupakan sinergi antara pertanian, agro industri dan jasa-jasa yaPng menunjang pertanian. Untuk mewujudkan pertanian yang berwawasan agribisnis, penyuluh pertanian mempunyai kedudukan dan peranan penting didalam pembangunan nasional, khususnya pembangunan pertanian.

Rancangan program dari kepengurusan ini diantaranya pembuatan kartu anggota Perhiptani, sosialisasi program kerja, melaksanakan seminar di bidang penyuluhan, mendukung pelaku utama dan pelaku usaha bidang agribisnis, ikut memperjuangkan THL TBPP mendapat payung hukum sebagai sistem pengkaderan penyuluh pertanian. Pungkasnya (Diq)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed