Anggota DPRD OKI Reses Kedapil

**Infrastruktur, Penguatan Ekonomi Dan SDM Harus Menjadi Fokus Pembangunan
Radar Sriwijaya (OKI) – Anggota DPRD OKI baru saja selesai melakukan kegiatan Reses II tahun 2017 yang sudah dimulai sejak tanggal 7 – 12 Desember 2017 lalu dan telah disampaikan dalam Sidang Paripurna, Kemarin.
Setiap anggota DPRD OKI diberikan kesempatan untuk melakukan kunjungan kerja ke Dapilnya masing-masing untuk menjaring  aspirasi masyarakat yang namtinya hasil kegiatan Reses ini akan dijadikan pokok-pokok Pikiran DPRD Ogan Komering Ilir dan dijadikan usulan dalam penyusunan anggaran pembangunan oleh pemerintah daerah guna mensukseskan program pemerintah.
Secara umum hasil reses yang dilakukan oleh anggota dewan di lima dapil yang ada  permasalahan yang dihadapi masyarakat saat ini adalah persoalan infrastruktur, Peningkatan Penguatan Ekonomi Kerakyatan dan Sumberdaya Manusia (SDM) yang harus terus ditingkatkan untuk mewujudkan Ogan Komering Ilir Mandira.
Seperti yang disampaikan oleh Asmawati Anggota DPRD OKI dari Dapil I,  bahwa, dalam pelaksanaan reses II Anggota DPRD Daerah Pemilihan (Dapil) I yang meliputi kecamatan Kota Kayuagung, Tanjung Lubuk, Teluk Gelam, Pedamaran, dan Pedamaran timur, berbagai permasalahan yang di kemukakan masyarakat diantaranya Pembangunan Infrastruktur terutama jalan, sarana dan prasarana penunjang kegiatan pemerintahan di Desa maupun Kecamatan serta Fasilitas-fasilitas Umum penunjang kegiatan kemasyarakatan.
“Selain itu  Peningkatan dan Penguatan Ekonomi Kerakyatan yang masih perlu perhatian yang serius, hal ini tidak lain tujuannya untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat.” Katanya.
Selain persoalan infrastruktur dan penguatan ekonomi, sambungnya hal yang perlu diperhatikan juga adalah Sumber Daya Manusia (SDM) terutama tenaga pendidik Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan kesehatan masih sangat membutuhkan tenaga medis dan guru yang saat ini pemerataanya dirasakan masih sangat kurang.
“Memang masih banyak usulan dan aspirasi masyarakat yang lainnya, hal ini tentu saja harus disikapi dengan baik untuk mewujudkan kabupaten OKI Mandira.” katanya.
Hal senada diungkapkan oleh Anggota DPRD OKI Wayan Sude DE dari Dapil V Lempuing dan Lempuing Jaya, mengatakan, kegiatan reses ini merupakan kunjungan kerja kedaerah pemilihan (dapil) untuk mengumpulkan dan menampung apa yang menjadi keinginan masyarakat.
Selain itu reses juga sekaligus untuk mengukur sejauhmana program-program yang dilaksanakan oleh pemerintah berjalan dan dapat dinikmati oleh masyarakat.
“Sarana ini menjadi sangat penting, memang kita secara rutin turun ke dapil, melalui reses ini hasilnya bisa langsung dirumuskan menjadi pokok-pokok pikiran DPRD yang nantinya akan masuk dalam usulan anggaran.” Katanya.
Kegiatan reses ini sambungnya, melibatkan berbagai masyarakat di tiap-tiap desa, mulai dari kepala desa tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda dan berbagai lapisan masyarakat lainnya.
“Kita berdialog dan tanya jawab secara interaktif disetiap permasalahan dan aspirasi yang disampaikan masyarakat, ini disetiap desa yang kita datangi.” Katanya.
Dari hasil reses tersebut sambungnya, mayoritas masyarakat desa menginginkan pembangunan jalan yang menjadi akses transportasi untuk membawa hasil pertanian warga yang memang sebagian besar warga adalah petani disamping permasalahan lain yang menjadi kendala.
“Jalan memang menjadi urat nadi perekonimian masyarakat dan mayoritas menginginkan perbaikan maupun pembangunan jalan yang menjadi akses masyarakat.” Katanya.
Selain itu sambungnya, masyarakat desa yang berprofesi sebagai petani sawit yang memasuki masa peremajaan meminta agar pemerintah dapat memfasilitasi masyarakat selama kebun sawit belum menghasilkan.
“Jadi warga meminta selama sawit belum menghasilkan, atau sekitar 5 – 6 tahun, warga meminta agar dibantu ternak sapi.” Katanya.(den)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *