oleh

Wayan Sude Serap Aspirasi Masyarakat Dapilnya

Radar Sriwijaya (OKI) – Anggota DPRD OKI Wayan Sude Dewa Eka atau yang akrab dipanggil Rajes melakukan reses atau kunjungan kerja kedesa-desa di Kecamatan Lemping dan Lempuing Jaya untuk menjaring aspirasi masyarakat di daerah pemilihan V tersebut.

Dalam kesempatan tersebut Rajes mengunjungi 6 desa di dua kecamatan tersebut diantaranya Desa Sumber Agung, Desa Bumi Arjo, Desa Bumi Arjo Makmur, Desa Tania Makmur, Desa Sukamaju dan Desa Lubuk Seberuk.

Anggota DPRD OKI dari Fraksi Demokrat tersebut saat dikonfirmasi Kamis (14/12) mengatakan, kegiatan reses ini merupakan kunjungan kerja kedaerah pemilihan (dapil) untuk mengumpulkan dan menampung apa yang menjadi keinginan masyarakat.

Selain itu reses juga sekaligus untuk mengukur sejauhmana program-program yang dilaksanakan oleh pemerintah berjalan dan dapat dinikmati oleh masyarakat.

“Sarana ini menjadi sangat penting, memang kita secara rutin turun ke dapil, melalui reses ini hasilnya bisa langsung dirumuskan menjadi pokok-pokok pikiran DPRD yang nantinya akan masuk dalam usulan anggaran.” Katanya.

Kegiatan reses ini sambungnya, melibatkan berbagai masyarakat di tiap-tiap desa, mulai dari kepala desa tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda dan berbagai lapisan masyarakat lainnya.

“Kita berdialog dan tanya jawab secara interaktif disetiap permasalahan dan aspirasi yang disampaikan masyarakat, ini disetiap desa yang kita datangi.” Katanya.

Dari hasil reses tersebut sambungnya, mayoritas masyarakat desa menginginkan pembangunan jalan yang menjadi akses transportasi untuk membawa hasil pertanian warga yang memang sebagian besar warga adalah petani disamping permasalahan lain yang menjadi kendala.

“Jalan memang menjadi urat nadi perekonimian masyarakat dan mayoritas menginginkan perbaikan maupun pembangunan jalan yang menjadi akses masyarakat.” Katanya.

Selain itu sambungnya, masyarakat desa yang berprofesi sebagai petani sawit yang memasuki masa peremajaan meminta agar pemerintah dapat memfasilitasi masyarakat selama kebun sawit belum menghasilkan.

Menyerahkan bantuan kepada tokoh pemuda

“Jadi warga meminta selama sawit belum menghasilkan, atau sekitar 5 – 6 tahun, warga meminta agar dibantu ternak sapi.” Katanya.

Adapun berbagai usulan masyarakat di berbagai desa tersebut diantaranya, Desa Tania Makmur meminta bantuan sarana dan prasarana olahraga untuk karang taruna, Mohon bantuan Sepatu PDH Linmas 15 Pasang dan senter untuk ronda malam.

Lalu Pengerasan Jalan dari simpang Desa Mukti sari sampai dengan Desa Rantau Durian Permohonan Kenaikan tunjangan aparat dan perangkat desa Permohonan bantuan bibit ikan patin dan lele Penegerasan jalan poros desa dusun I,II,III sepanjang 200 m, Rehab gedung SD lama, Permohonan peningkatan keamananan,  Pelebaran Sungai Panjang 2000 m, Lebar :  3000 m

Kemudian Desa Sukamaju masyarakat mengusulkan, permohonan bantuan ternak sapi sebanyak 25 ekor, Pembangunan gedung serba guna, Pengerasan jalan poros antar desa sepanjang 7km, Pembangunan jembatan sungai merah penghubung jalan tanjung sari ke sukamaju, Sarana dan prasarana PKK  serta Seragam baju buat posyandu.

Masyarakat Desa Lubuk Siberuk mengusulkan Pengerasa jalan desa dusun IV,dusun VI lebar  6 meter panjang 2 km. Pengerasan jalan dusun III, IV lebar 6m panjang 5 km. Permohonan pengadaan tenda untuk kegiatan keagamaan,  Jalan usaha tani dusun V panjang 600 m lebar 4 m. Pengecoran jalan desa dusun II panjang 200 m lebar 3 m. Pengecoran jalan desa dusun IV RT I sepanjang 300m Pengadaan tiang listrik mini jalur belakang Pengaspalan jalan blok B sialang tengah sepanjang 5km serta  Permohonan ternak sapi

Sedangkan Desa Sumber Agung mengusulkan Pengerasan jalan kabupaten yang menghubungkan desa sumber agung ke desa tebing suluh panjang 1,4 KM, Pembuatan siring dusun I sepanjang 3km Pengerasan jalan dusun I  dan IV sumber agung sepanjang 5km  dan Penambahan lampu jalan dusun IV 158  titik .

Selanjutnya, Desa Bumi Arjo meminta pembangunan Lapangan badminton Pengecoran jalan poros desa panjang 2,5km, kemudian Mesin perawatan, Bantuan bak untuk perendaman tankos sauri untuk sebanyak 10 bak perendaman,

Terakhir Desa Bumi Arjo Makmur mengusulkan  Pengecoran jalan poros 2,5km, Pengecoran jalan poros dan lorong 50 EA, Bantuan sereng jalan poros desa dusun III panjang 2km ,Penerangan jalan dusun I III sebanyak 50 unit. Pengecoran jalan poros desa dusun IIII panjang 2km, Perlengkapan PKK alat prasmanan (lengkap 1 set), kemudian Perpustakaan desa, lemari buku, karpet puzzle,buku bacaan baru dan meja lipat serta  Alat kesenian dan musik 1 set. (den)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *