Pondasi Tidak Kuat, Rumah Warga Roboh

Radar Sriwijaya (OKI) – Masyarakat desa Tersan Menang Kecamatan SP Padang Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) sumsel OKI mendadak ramai dan berduyun-duyun mendatangi rumah milik Rokiah (50) warga desa setempat.

Pasalnya, rumah yang berdiri di daerah aliran sungai (DAS) yang baru selesai dibangun sekitar sebulan yang lalu tersebut roboh tanpa sebab, Minggu (8/10/2017), sekitar pukul 09.00 wib.

Dugaan sementara, robohnya rumah warga berukuran 4×6 meter ini karena kondisi tiang bangunan yang berdiri diatas daerah aliran sungai yang tidak kuat menahan beban rumah sehingga roboh sendiri.

Salah seorang warga SP Padang, Rezimerry mengatakan, sebelum kejadian tidak ada tanda-tanda rumah tersebut dan saat itu pemilik rumah sedang menjemur pakaian, memang awalnya yang roboh dibagian belakang atau dapur dan berdampak ke bangunan didepan.

“Waktu saya lewat warga sedang ramai membantu memindahkan barang-barang milik korban, saat kejadian korban sedang menjemur pakaian.” kata Merry.

Menurut pemilik rumah, sambungnya, awal robohnya rumah tersebut dari bagian belakang rumah (dapur -red) yang tiangnya berada di dekat sungai.

“Tidak ada korban jiwa namun kerugian material rumah yang diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah.” jelasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Sosial OKI, H Amirudin SSos MSi saat dikonfirmasi mengatakan pihaknya sudah memperoleh informasi adanya rumah warga yang roboh tersebut, namun laporan tersebut masih sebatas lisan dan pihaknya masih menunggu laporan tertulis dari pemerintah desa dan kecamatan yang mengeninvetarisir kerugian yang dialami korban, namun demikian pihaknya akan segera turun kelapangan.

“Kalau informasinya kita sudah terima, namun laporan secara tertulis dari kecamatan maupun desa belum ada. Namun yang jelas bila ada musibah seperti rumah roboh, kebakaran dan lainnya akan kita berikan bantuan,” ujar Amiruddin sembari mengucapkan terima kasih atas laporannya dan pihak kita akan turun ke lokasi.(den)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *