Kebakaran Lahan Di OKI Mulai Terjadi

**Lebak Deling Terbakar, Tim Upayakan Pemadaman.

KAYUAGUNG – Kebakaran lahan yang menjadi penyebab kabut asap mulai terjadi si Kabupaten OKI, siang kemarin, kebakaran lahan terjadi di kawasan Desa Lebak Deling, kecamatan Pangkalan Lampam OKI.

Diduga api berasal dari terbakarnya tumpukan sampah yang berada di pinggir jalan lebak deling oleh seseorang. Selanjutnya angin yang kencang menyebabkan api merambat dengan cepat dan membakar purun.
Pemadaman api hingga sore kemarin masih terus dilakukan namun api belum berhasil dijinakan, meskipun menggunkan helicopter waterbooming dan upaya pemadaman diteruskan hari ini.

Sekda Husin Spd MM dalam grup WhatsUp OKI Tanggap Api bahwa kondisi kebakaran secara umum merupakan kebakaran permukaan jenis vegetasi purun (bahan baku tikar), yang tumbuh di lebak.

“Saat ini tim terpadu sedang mengupayakan akses menuju lokasi kebakaran, untuk mengupayakan pemadaman,” ujarnya.

Petugas tengah berupaya memadamkan api

Selain itu tim dari BNPB Sumsel juga telah mengerahkan water boombing untuk upaya memadamkan api tersebut.
Selain itu, tim perbantuan dari Manggala Agni Daops OKI dan BPBD OKI, TNI dan Polri juga menuju lokasi kejadian.

Kendala saat ini di lokasi, sulitnya akses menuju lokasi kebakaran karena lokasi kebakaran dikelilingi lebak yang airnya masih dalam, akses kanal jauh dari lokasi.

Sementara hingga sore kemarin, tim gabungan masih terus berupaya memadamkan api. Ada tiga titik api dan satu diantaranya berhasil dipadamkan.

Kapolres OKI AKBP Ade Harianto mengungkapkan untuk penyebab terbakar masih dlaam penyelidikan karena sekitar 15 meter dari lokasi terbakar ada lokasi pembuangan sampah desa yang dibakar.

“Sedang diselidiki apakah kebakaran karena bunga api, atau ada unsur kesengajaan,” ujarnya.

Sementara itu berdasarkan informasi yang dihimpun, hingga pagi kamis (3/8) Kondisi pagi ini api masih menyala tapi tidak sebesar kemarin, petugas gabungan darat dan udara kembali mengupayakan pemadaman.(bud)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *