Hari ini 55 Desa di OKI laksanakan Pilkades

**503 Personil Gabungan Diturunkan

KAYUAGUNG – Sebanyak 55 Desa di 16 Kecamatan dalam Kabupaten OKI menggelar pelaksanan pemilihan kepala desa (pilkades) secara serentak, hari ini  Senin (17/7).

Untuk mengamankan pelaksanaan pilkades tersebut Polres OKI, menurunkan kurang lebih 280 Personil Ditambah Personil dari TNI sebanyak 110 dan sebanyak 110 anggota satuan polisi pamong praja (pol pp).

Kapolres OKI AKBP Ade Harianto SH MH didampingi Kabag Ops polres OKI,  Kompol Got Parlas Sinaga mengatakan, sesuai permintaan bahwa pengamanan pilkades disetiap Desa dipinta Sebanyak  5 Personil Polri.

“Setidaknya sebanyak 280 Personil kita turunkan, ada beberapa desa yang tingkat kerawanannya berbeda, pengamanannya tentu lebih ketat, sejak H-1 Personil sudah kita tempatkan dilokasi,”tambahnya.

Selain petugas dari pihak kepolisian, diturunkan juga pengamanan dari personel TNI dan Sat pol PP sehingga jumlah keselurahan sebanyak 503 personel gabungan.

Kepala Dinas pemberdayaan masyarakat dan pemerintahan Desa (DPMPD)  OKI,  Fahrul Rozi, mengatakan  bahwa pilkases serentak tahap kedua ini Di ikuti 55 desa. Sebelumnya pada tahun 2015 pemkab OKI  sukses menggelar Pilkades serentak untuk tahap pertama.

” kita berharap pilkades tahun ini tidak menyisakan masalah, “katanya.

Wakil Bupati OKI H M Rifai, meminta panitia kabupaten untuk bisa meningkatkan keamanan Di lokasi yang tergolong Rawan, serta dapat bekerja secara profesional.

“Saya minta OPD yang bertanggung jawab tingkatkan koordinasi dengan TNI-Polri untuk meningkatkan keamanan,  Saya tidak ingin sengketa pilkades penyelesaiannya sampai ketingkat kabupaten, harus bisa diselesaikan ditingkat Desa atau dikecamatan, jangan sampai sengketa seperti yang terjadi pada pilkades tahapan pertama tahun 2015 itu terjadi Lagi pada tahap dua ini”ungkapnya.

Untuk diketahui 55 Desa yang menggelar pilkades masing-masing Dikecamatan Kayuagung Ada dua Desa, kecamatan SP Padang 3 Desa,  Jejawi 5 Desa,  pampangan 5 Desa, pangkalan Lampam 5 Desa,   Tulung selapan 1 Desa,  tanjunng lubuk 6 Desa.

Kemudian kecamatan  teluk gelam 2 Desa,  Pedamaran 3 Desa,  Pedamaran Timur 3 Desa, cengal 2 Desa dan sungai menang 3 Desa, Kecamatan air Sugihan 8 Desa,  Lempuing 1 Desa,  lempuing jaya 2 Desa dan mesuji raya 3 Desa. (nan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *