oleh

Niat Usir Nyamuk, 2 Hektar Lahan Terbakar

-Kriminal-2.123 views

**Tindak Tegas Pelaku Pembakaran

KAYUAGUNG – Maksud hati  membakar api unggun untuk mengusir nyamuk, namun apa yang dilakukan Jahilah (50) warga Desa Pulu Beruang Kecamatan Tulung Selapan Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) telah menyebabkan perkebunan sawit PT Ricky Agrindo Sejahtera terbakar terbakar hingga seluas 2,34 Hektar. Akibat perbuatannya ini pelaku akhirnya diringkus jajaran Polres OKI karena telah menyebabkan lahan terbakar karena kelalaiannya.

Kapolres OKI AKBP Ade Harianto SH MH didampingi Kasat Resktim AKP Haris Munandar dan Kanit Pidsus Iptu Jatrat S,IK mengatakan, diringkusnya tersangka ini merupakan wujud keseriusan jajaran polres OKI terhadap pelaku pembakaran lahan.

“Kita akan tegas dengan pelaku pembakaran baik oleh perorangan maupun perusahaan. Tersangka kita tahan dan kita jerat pasal 187 dan 188 KUHPidana dengan ancaman 5 tahun penjara,” ujar Kapolres OKI saat rilis tersangka dan barang bukti di Mapolres OKI, Kamis (6/7).

Menurtut pengakuan tersangka, sambung kapolres, tersangka yang merupakan seorang nelayan tersebut baru saja selesai mencari ikan.  pada  Malam hari  Selasa (13/6), tersangka lalu beristirahat di areal pondok perusahaan sawit tersebut. Selanjutnya, tersangka membuat api unggun dengan alasan untuk mengusir nyamuk. Karena ketiduran, api membesar membakar rumput kerinh serta meluas. Hingga 2,34 ha lahan perkebunan terbakar dan 340 batang sawit ikut terbakar.

“Setelah mendapat laporan langsung kita lalukan penyelidikan. Selanjutnya tersangka kita tangkap,” beber Kapolres.

Dirinya juga meminta masyarakat, jangan membuka lahan dengan cara terbakar termasuk budaya sonor, sebab apapun dalihnya membuka lahan dengan cara dibakar tidak dapat dibenarkan dan hal ini jika tetap dilakukan akan berhadapan dengan hukum.

“Sosialisasi dan pencegahan dengan membuat sekat kanal telah kita lakukan. Bila masih ada yang membakar lahan maka akan kita tindak,” tegasnya.

Sementara tersangka mengaku dirinya tidak memiliki kesengajaan untuk membakar lahan, dirinya hanya membuat api unggun untuk mengusir nyamuk dan menghilangkan rasa dinginnya malam, namun saat api unggun  menyala dirinya ketiduran hingga api menjalar lebih luas, dirinya tak tahu kalau laham kebun terbakar.

“saya ketiduran habis cari ikan,” katanya. (den)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed