Sediakan 60 Lapak Gratis

MUARADUA – Sebanyak 60 lapak untuk tempat berjualan bagi para pedagang disediakan oleh Pemerintah Kabupaten OKU Selatan, selama bulan ramadhan di kawasan taman kota Muaradua.

Penyediaan lapak dagangan yang dikoordinir oleh Melalui Dinas Koperasi UKM Industri Pasar dan Perdagangan (Diskoperinpasdag) ini untuk memudahkan para pedagang serta masyarakat mencari makanan selama bulan ramadhan.

“Ada 60 lapak  (petak) yang kami sediakan untuk para pedagang di kawasan taman Kota, dan tidak dikenakan biaya melainkan hanya mendaftarkan diri ke panitia,”kata Kepala Diskoperinpasdag Makmun  SSos.

Keberadaan pasar ramadhan sendiri lanjut makmun sangat penting untuk menata para pedagang musiman dan mengurangi aktifitas pedagang menggunakan badan jalan. Terutama pada ruas jalan Protokol kota Muaradua yang kerap menimbulkan kemacetan akibat tumah ruahnya para pedagang di trotoar bahkan badan jalan.

“Sebenarnya tujuan penyediaan tempat dan pasar Ramadhan ini lebih untuk menata para pedagang agar tidak semeraut dengan menjajakkan dagangannya disembarang tempat,”kata Makmun

Dalam hal itu pemerintah daerah lanjutnya melalui Dinas Koperasi UKM Pasar perindustrian dan Perdagangan telah menyediakan sebanyak 20 unit tenda atau sekitar 60 lapak sebagai lokasi bagi para pedagang untuk menjajakkan barang dagangannya.

“Tenda yang disiapkan untuk pasar ramadhan mampu menampung lapak pedagang sebanyak 60 di sekitar taman Kota Muaradua, tempat itu juga kita berikan secara gratis kepada para pedagang tanpa dipungut biaya,”kata Makmun.

Ditambahaknnya para pedagang musiman itu tidak diharuskan memiliki izin berjualan, cukup hanya dengan mendaftarkan diri dan mau ditata dengan baik para pedagang boleh menempati lapak.  selain untuk mengantisipasi semerautnya pedagang juga kata Makmun untuk memudahkan mengongtrol para pedagang dan melakukan pengawasan.

“Dengan berkelompok kita mudah melakukan pengecekan makan dan minuman yang dijual area pedagang di pasar ramadhan (pasar beduk),”Ujar Makmun.(ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *