Raih Suara Terbanyak, 6 Caleg  Dapil III Siap Melenggang ke DPRD OKI

Photo : lampiran Keputusan KPU OKI No 1997 Tentang Penetapan Hasil Rekapitulasi

Radarsriwijaya.com, (OKI),- Proses rekapitulasi perhitungan perolahan suara pemilu legislative tahun 2024 tingkat Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) telah selesai dilaksanakan pada 4 Maret 2024 lalu, hal ini ditandai dengan keluarnya Keputusan KPU OKI No 1997 tentang penetapan hasil rekapitulasi pemilihan umum anggota DPRD OKI tahun 2024 tanggal 4 Maret 2024  antara lain.

Saat ini proses rekapitulasi ini secara nasional masih berlanjut hingga nanti KPU RI mengungumkan hasil secara nasional pada tanggal 20 Maret 2023. Tahap selanjutnya adalah penyelesaian sengketa hasil pemilu di Mahkamah Konstitusi (MK). Jika saja semua proses tersebut selesai dilaksanakan selanjutnya masing-masing KPU akan menetapkan Anggota Dewan terpilih sesuai dengan perolehan suara terbanyak.

Untuk perolehan suara masing-masing calon legislative (caleg) terutama tingkat Kabupaten OKI sudah diketahui hasilnya, termasuk perolehan rangking partai maupun masing-masing caleg di daerah pemiihan dapil 3 yang meliputi Kecamatan Pangkalan Lampam, Tulung Selapan dan Air Sugihan dengan alokasi sebanyak 6 kursi.

Untuk kursi pertama diraih oleh PDI Perjuangan dengan perolehan suara sebanyak 13.532 dengan caleg terpilih nomor urut 1, Abdiyanto fikri yang tercatat sebagai ketua DPRD OKI meraih suara 7.559. meskipun mendapatkan suara yang besar namun didapil ini PDIP tidak mampu mendapatkan 2 kursi.

Kemudian untuk kursi kedua, diraih oleh PAN dengan suara 10.309 dan caleg dengan suara terbanyak adalah caleg nomor urut 2 Budiman yang merupakan caleg incumbent dengan raihan suara 5.492. Peraih kursi ketiga adalah PKB dengan perolehan suara sebanyak 9.448 dengan caleg suara terbanyak nomor urut 6 Suryanto dengan perolehan 3.812 suara.

Peraih kursi keempat yakni partai Nasdem dengan perolehan suara sebanyak 7.986 dengan caleg terpilih  nomor urut 5 atasnama Syaryadi dengan perolehan 3.020 suara. Selanjutnya kursi kelima diraih oleh Partai Golkar dengan 7.650 suara dengan caleg nomor 1, Sugeng yang merukan calon incumbent meraih suara sebanyak 3.778.

Untuk jatah kursi keenam atau kursi terakhir di dapil III diraih oleh partai Hanura dengan perolehan suara 6.208 dengan caleg nomor buncit tersebut diraih oleh Depit yang merupakan ketua DPC Hanura OKI dengan perolehan suara 5.582 suara.(den)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *