Kabupaten OKU Memperingati HUT Sumpah Pemuda Ke 76 Secara Sederhana

Foto : armizi/Radar Sriwijaya

Radar Sriwijaya (OKU) – Plh Bupati OKU Sumsetera Selatan Drs. H. Edward Candra, M.H., Pimpin Upacara Peringatan Ke-76 Hari Pahlawan Tingkat Kabupaten OKU, Bertempat di Halaman Kantor Bupati OKU. (Rabu, 10/11/2021).

Kemerdekaan yang kita rasakan sekarang ini tidak datang begitu saja, namun memerlukan perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa dari pejuang bangsa seperti yang ditunjukkan pada pertempuran 10 November 1945 di Surabaya yang kemudian diperingati sebagai Hari Pahlawan.

Peringatan Hari Pahlawan pada tahun 2021 mengambil tema “Pahlawanku Inspirasiku”, dan upacara masih seperti tahun kemarin dilaksanakan dengan cara sederhana, peserta upacara hanya diikuti oleh perwakilan TNI, Polri, ASN, Pelajar, Pramuka dan Mahasiswa karena masih di berada dalam situasi pandemi Covid-19.

Plh Bupati OKU Drs. H. Edward Candra, M.H., Membacakan sambutan Menteri Sosial Tri Rismaharini, pertempuran 10 November 1945 di Surabaya yang kita peringati sebagai hari Pahlawan ini harus kita contoh, dengan satu tekad, berjuang dan pantang menyerah tanpa mengenal perbedaan.

Peringatan Hari Pahlawan pada tanggal 10 November setiap tahun dimaksudkan untuk mengenang kembali jasa dan perjuangan para pahlawan untuk mengusir penjajah dari bumi Indonesia pada tahun 1945 di Surabaya.”jelasny.

Semangat, tekad, dan keyakinan pahlawan, harusnya dapat menginspirasi dan menggerakkan kita semua untuk mengemban misi mengalahkan musuh bersama yaitu kemiskinan dan kebodohan dalam arti luas, hal ini sejalan dengan tema hari Pahlawan 2021 Pahlawanku Inspirasiku.”urainya.

Dikatakannya, kita mempunyai potensi besar dalam memenangkan perang melawan kemiskinan dan kebodohan. Karena Indonesia mempunyai sumber daya alam yang melimpah dan letak geografis yang strategis.

Dalam 20 tahun mendatang (2020-2040) bangsa Indonesia memasuki bonus demografi yaitu periode angka depedency ratio mencapai angka minimal. Dalam periode ini terdapat lebih banyak tenaga kerja produktif untuk memenangkan perang melawan kemiskinan dan kebodohan.

Namun di sisi lain, terdapat juga kecenderungan berkurangnya lapangan pekerjaan yang harus kita antisipasi dengan cerdas dan seksama. Kenyataan ini harus kita hadapi dengan semangat wirausaha.

Melalui peringatan hari pahlawan tahun 2021, marilah kita bersama-sama, bahu membahu dengan penuh keikhlasan dan rasa tanggungjawab serta penghormatan atas jasa dan pengorbanan para pahlawan, dengan memberikan kontribusi bagi bangsa dan negara sesuai kemampuan dan profesi masing-masing.

Selaras dengan manfaat kemerdekaan yang diperjuangkan para pahlawan, Kemensos akan membuka kesempatan keluarga para penerima bansos yang berusia muda untuk keluar dari kemiskinan. Untuk itu, Kemensos akan mengupayakan program graduasi melalui pendidikan vokasi serta peningkatan kemampuan untuk memenuhi kebutuhan hidup dengan berbasis penciptaan peluang baru.

Mari kita jadikan Hari Pahlawan dan nilai-nilai kepahlawanan ini sebagai inspirasi untuk mengisi kemerdekaan bagi kemajuan bangsa dengan bersama-sama menjadi Pahlawan masa kini yang dapat dimulai dari diri sendiri, keluarga, dan lingkungan masyarakat.”terangnya.

Menteri Sosial berpesan kepada anak-anak Indonesia dengan apapun keterbatasan terus kembangkan talenta dan tidak pernah menyerah dan putus asa serta bekerja keras teruslah menjadi anak Indonesia yang sebenarnya dengan memahami dan menghormati Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI, dan UUD 1945 menjadi pemenang dalam era kehidupan normal baru.”ungkapnya.

Pada kesempatan ini, PLH Bupati OKU beserta jajaran Pemerintah Kabupaten dan Forkopimda OKU mengucapkan selamat memperingati hari pahlawan tahun 2021.

Mari kita senantiasa menghormati jasa dan perjuangan para pahlawan dalam rmempertahankan kemerdekaan. Serta membangun ingatan kolektif bangsa agar dapat menggugah kesadaran masyarakat untuk mengimplementasikan semangat dan nilai-nilai luhur pahlawan dalam kehidupan sehari-hari.

Turut hadir, Wakil Ketua DPRD OKU Yoni Risdianto, SH., Mewakili Forkopimda OKU, Para Asisten Setda OKU, Staf Ahli Bupati OKU, Para Kepala OPD, Para Kabag, Camat se-Kabupaten OKU, PJU Polres OKU, Kodim 0403 OKU, PEPABRI OKU, PLH Ketua TP. PKK OKU, Ketua DWP OKU, Ketua GOW OKU, IWAPI, BUMN/BUMD serta Undangan Lainnya.”(Diq)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *