oleh

Pemkab OKI Komitmen Wujudkan Infrastruktur Memadai

Photo : Ruas jalan SP Padang – Pampangan.

**Jalan dan Jembatan Urat Nadi Perekonomian

Radar Sriwijaya (OKI),- Tersedianya infrastruktur jalan dan jembatan yang memadai tentu akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi masyarakat yang semakin baik. Infrastruktur akan menjadi urat nadi menyeluruh bagi kebutuhan masyarakat dan menjadi salah satu aspek penting untuk mempercepat pembangunan ekonomi. Lebih dari itu, infrastruktur juga merupakan salah satu faktor penting penentu dalam pemerataan pembangunan dan kesejahteraan.

Jembatan Kota Baru Kecamatan Mesuji OKI

Tersedianya infrastruktur yang memadai merupakan komitment pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) dalam rangka mewujudkan pembangunan yang merata dan peningkatan ekonomi masyarakat.

Untuk mewujudkan hal tersebut, sejumlah kegiatan pembangunan yang dilaksanakan oleh Dinas Perkerjaan Umum dan Penata Ruang (PUPR) Kabupaten OKI tahun anggaran 2020, selaku leading sector pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan.

Kepala Dinas PUPR OKI, Ir H M Hapis MM mengatakan, Sesuai dengan Instruksi Bupati OKI H Iskandar SE,banyak sekali program pembangunan infrastruktur yang dilakukan oleh pihaknya, salah satu program pembangunan tersebut diantaranya, pembangunan jembatan Kota Baru Kecamatan Mesuji OKI yang berbatasan dengan Kabupaten Tulang Bawang Barat lampung, jembatan sepanjang 42 meter dengan lebar 7 meter tersebut dibangun tipe jembatan beton.

Jalan Penghubung Sumbu Sari – Surya Adi

Dengan dibangunnya jembatan ini akan mempermudah warga untuk melaksanakan berbagai aktivitasnya terutama untuk membawa hasil pertanian dan perkebunan keluar daerah.

“Dapat dibayangkan bagaimana bermanfaatnya jembatan yang mengubungkan Kabupaten OKI dengan propinsi lampung barat. baik untuk pertumbuhan ekonomi maupun kemudahan akses untuk mendapatkan layanan.” ujarnya.

Selain itu program pelebaran jalan untuk ruas jalan SP Padang – Pampangan yang terdiri dari dua spot, dimana untuk spot pertama sepanjang 1500 meter dengan lebar 6 meter dan spot kedua sepanjang 1900 meter dengan lebar 4,5 meter.

Ruas Jalan Talang Daya – Sungai Menang

“Ruas jalan ini menghubungkan Kecamatan SP – Padang dengan Pampangan, Pangkalan Lampam dan Tulung Selapan menuju Ke Kayuagung maupun Jejawi dan Palembang dengan penanganan aspal.” Tukasnya.

Program pembangunan infrastruktur juga dilakukan pada pemeliharaan ruas jalan Sumbu Sari – Surya Adi yang berada dikecamatan Mesuji dengan tipe pengerasan cor beton. Jalan yang mengubungkan kecamatan Mesuji Raya dan Mesuji tersebut sepanjang 3.913 meter dengan lebar 5 meter.

Selanjutnya, Pembangunan infrastruktur untuk Kecamatan Cengal dan Sungai Menang, ruas jalan yang menghubungkan Desa Talang Jaya dengan Desa Sungai Menang sepanjang 776 meter dengan lebar 7 meter dengan konatruksi pengerasan beton semen.

Ruas Jalan Talang Daya – Cengal

Sedangkan ruas jalan lain yang juga dilakukan pemeliharaan adalah ruas jalan Desa Talang Jaya Kecamatan Sungai Menang menuju kecamatan cengal sepanjang 1.325 meter dengan lebar 5 meter.

Ruas jalan ini merupakan jalan poros penghubung antar kecamatan yang menjadi akses masyarakat untuk beraktivitas menuju kecamatan Sungai Menang atau sebaliknya.

“Kehadiran infrastruktur yang baik ditambah dengan tersambungnya sejumlah akses baik jalan, jembatan dan lainnya listrik sangat berdampak kepada pertumbuhan perekonomian masyarakat menuju masa depan.” Tandasnya.

Lebih lanjut Hapis mengatakan, Kabupaten OKI dengan wilayah yang luas yang sebagian besar rawa-rawa dengan anggaran pembangunan yang terbatas menjadikan pihaknya selektif dalam membuat skala perioritas yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat.

Namun tersedianya infrastruktur yang memadai adalah komitment Pemkab OKI dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat.(*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed