oleh

Bupati OKU Serahkan Bantuan Perlengkapan Karhutlah

Foto : Penyerahan bantuanpenxea armizi/Radar Sriwijaya

Radar Sriwijaya(OKU) – Musim kemarau sudah terlihat sejak sebulan belangan ini, untuk mengatas terjadinya kebakaran hutan Bupati OKU Drs. H. Kuryana Azis terus Sosialisasikan akan bahaya kebakaran hutan, Senin (21/09/2020).

Bupati OKU kembali melakukan sosialisasi dan Penyerahan Simbolis Kelengkapan Satgas Karhutla Bertempat Di Lapangan Sepak Bola Kedaton Timur Kabupaten OKU Sumatera Selatan.

Camat KPR Novri Zaldi, S, STP, Msi dalam sambutanya mengatakan, pihaknya akan terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk mencegah terjadinya Karhutla

“Bencana Karhutla merupakan tanggung jawab kita bersama mulai dari pemerintahan, TNI dan Polri, dunia usaha sampai ke masyarakat.” Katanya.

Kegiatan ini dimaksudkan juga untuk melihat dan mendengarkan aspirasi masyarakat sekitar kawasan sehingga upaya dalam pencegahan karhutla menjadi lebih efektif dan efisien.

Selain dengan pola tatap muka, upaya meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya karhutla juga dilakukan dengan pemasangan berbagai jenis peraga sosialisasi berupa papan himbauan serta spanduk berisi larangan-larangan melakukan kegiatan yang rawan menyebabkan kebakaran hutan serta mengolah lahan pertanian maupun perkebunan dengan cara dibakar.

“Agar lebih masuk ke lingkungan masyarakat dan Pihak kecamatan telah membentuk Satgas Karhutla desa siaga api dan pencanangan desa bebas api.”jelasnya.

Harun Kepala Desa Kedaton Timur juga menyambut baik dengan diadakannya kegiatan ini agar bisa lebih meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan dan potensi dampak kebakaran hutan dan lahan.

“Memberikan pemahaman serta kesadaran kita semua tentang pentingnya menjaga lingkungan yang sehat, nyaman dan bersih serta berdampak pada pembangunan berkelanjutan berwawasan lingkungan.”ungkapnya.

Bupati OKU Drs. H. Kuryana Azis selalu mengingatkan kepada masyarakat saat membuka lahan tidak menggunakan dengan cara membakar, masyarakat yang membuka lahan dengan cara sengaja membakar akan dikenakan sangsi pidana penjara dan denda.

Kuryana juga menghimbau kepada masyarakat dan pihak terkait mari sama-sama kita berperan untuk menanggulangi bencana Karhutla di Kabupaten OKU ini agar bebas dari asap supaya tercipta udara yang segar dan sehat.

Kuryana selalu mengingatkan kepada satgas untuk selalu mematuhi protokol Covid-19 dalam bertugas dan juga pesan jaga kesehatan dan keselamatan yang lainnya juga.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan penyerahan bantuan peralatan untuk pencegahan karhutla secara simbolis. Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Bupati OKU Drs. H. Kuryana Azis kepada Kepala Desa di Ruang lingkup Kecamatan KPR.”urainya.

Diharapkan dengan adanya bantuan tersebut dapat mengoptimalkan upaya pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan serta dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya kebakaran hutan dan lahan untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan di kawasan Kecamatan KPR terutama desa-desa yang berbatasan langsung dengan kawasan hutan.

Hadir juga pada acara ini, Anggota DPRD OKU, OPD dan Kabag Terkait, Muspika, Kades dan BPD se Kecamatan KPR, Satgas Karhutla Kecamatan, Para Relawan Api tingkat Desa serta undangan lainnya.(Diq)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed