Kapolda Sumsel dan Bupati OKI Kunjungi Kampung Tangkal Covid-19 dan Karhutlah

Radar Sriwijaya (OKI),-Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumsel mengembangkan “Kampung Tangkal Covid-19” digabung dengan kampung tangkal kebakaran hutan dan lahan (karhutla) guna menghadapi bencana kemarau tahun 2020. Karena daerah dengan vegetasi lahan gambut dan kawasan hutan cukup luas ini sangat rentan terjadi karhutla.
Kapolda Sumsel Irjen Pol Eko Indra Heri didampingi Bupati OKI H Iskandar, SE., meninjau kampung tangkal Covid-19 dan karhutla ini berada di Desa Sedyo Mulyo, Kecamatan Mesuji Raya, OKI, Minggu (14/6/2020).
Kapolda Sumsel Irjen Pol Eko Indra Heri mengapresiasi pembentukan kampung tersebut karena bermanfaat membangun ketahanan masyarakat desa, terutama dalam menangani Covid-19 dan mencegah karhutla.
Kapolda Eko dan Bupati Iskandar juga melakukan penanaman bibit sayuran dan menebar benih ikan dalam rangka ketahanan pangan.
“Kegiatan ini dalam rangka membangun ketahanan masyarakat desa, terutama dalam konteks menangani Covid-19 juga dalam rangka menangani serta mencegah terjadinya karhutla. Dimana kita ketahui OKI termasuk daerah dari 10 daerah yang tahun lalu banyak terjadi karhutla,” terang Kapolda.
Oleh karena itu, masih kata Kapolda, upaya pencegahan karhutla merupakan strategi bersama sejak dini dengan terus memberikan edukasi kepada masyarakat.
“Kegiatan ini juga menjadi salah satu strategi dalam mencegah karhutla dan juga langkah preventif dalam membangun ketahanan pangan masyarakat. Dibantu oleh stakeholder berkolaborasi dengan TNI Polri dan Pemda untuk saling menjaga menanggulangi terjadinya karhutla,” terang Kapolda.
Kapolda melanjutkan beberapa inovasi – inovasi telah dilakukannya dalam mencegah dan menangani kasus karhutla di Sumsel secara umum.
“Pertama kita membentuk komunitas masyarakat pecinta lingkungan, dimana teman-teman dari perusahaan sudah banyak yang bergabung, dan ini harus lebih dikuatkan lagi, termasuk upaya pencegahan dimaksimalkan lagi, ” jelas Kapolda.
Selain itu, pihaknya juga membuat maklumat Kapolda yang intinya menjelaskan bahwa harus mencegah terjadinya karhutla.
Sementara itu, Bupati OKI, H Iskandar, SE., mengatakan sangat berterima kasih atas kedatangan Kapolda beserta rombongan ke kampung tangkal Covid-19 dan tangkal karhutla.
Pemerintah dan masyarakat OKI siap berkolaborasi dengan Polda Sumsel dalam menciptakan kamtibmas yang kondusif serta dalam penanganan karhutla.
“Mudah-mudahan dengan bakti sosial Polda Sumsel ini dapat mempererat tali silaturahmi kita dalam rangka menuju masyarakat yang kondusif dan produktif,” ucap Iskandar.
Bupati pun mengingatkan kepada seluruh masyarakat untuk mencegah karhutla dan menjaga hutan.
“Bagi masyarakat juga harus menghindari dan mencegah kebakaran secara bersama-sama. Jadi mohon kepada pemerintah desa dan petinggi yang masuk dalam stakeholder untuk bersama mengajak, mengedukasi masyarakat guna mencegah terjadinya karhutla,” jelas Bupati. (rel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *