oleh

SMAN 1 OKU Terima Penghargaan SRA dari KPAD Sumsel

Foto : penyerahan piagam  (armizi/Radar Sriwijaya)

Radar Sriwijaya (OKU) – Komisi Perlindungan Anak Daerah (KPAD) Sumatera Selatan memberikan piagam penghargaan Sekolah Ramah Anak (SRA) kepada Sekolah Menangah Atas (SMA) Negeri 1 OKU yang di terima langsung oleh kepala sekolah, rabu,  (03/06/2020).

Ketua KPAD Sumsel, Eko Wirawan, SH saat dibincangi mengatakan, Sertifikat ini diberikan bukan hanya sekedar tanda mata tapi berdasarkan hasil monitoring beberapa bulan yang lalu, dari sekian banyak SMA dan SMK negeri yang ada OKU hanya SMA negeri 1 ini yang layak mendapatkan sertifikat sekolah layak anak.

“Karena disekolah SMA 1 OKU ini semua pasilitas yang dibutukan oleh sekolah dan siswa semuanya ada dan memenuhi standar seperti laboraturium, P3K, perpustakaan, guru bimbingan konseling (BK) dan setiap kelas ada CCTV termasuk juga keamanan sekolahnya (satpam),” terang Eko.

Selain itu dari hasil monitoring dan survey yang telah dilakukan pada pertengahan bulan maret 2020 lalu, hubungan antara guru dengan siswa terjalin dengan baik,  makanya sekolah ini memang sudah wajar menjadi sekolah ramah anak.

Dengan didapatnya piagam penghargaan ini lanjut Eko, SMA Negeri 1 OKU ini dapat menjadi contoh sekolah-sekolah lain dan dapat di pertahankan kedepannya. Sebenarnya penyerahan piagam dilakukan depan siswa, karena terbentur covid 19 maka penyerahan ini hanya sekedar saja.

“Memang seharusnya dihadiri oleh dinas pendidikan provinsi dan anggota KPAD tapi ini lagi- lagi karena corona maka kita hanya kita lakukan seperti ini, namun ini tidak akan penghalang untuk kemajuan sekolah ini. Dan ini sekolah yang pertama sekali mendapatkan piagam ini semoga kedepannya SMA 1 OKU ini akan lebih baik lagi.”ungkapnya.

Kepala sekolah SMA Negeri 1 OKU, Anwar, S.Pd, MM dimpingi wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, Berta Rika, S.Pd mengatakan, apa yang di berikan dan dinilai selama ini menjadikan hasil yang baik dan penghargai ini dapat menjadi motivasi kedepannya.

“Piagam sekolah ramah anak ini akan kami tingkatkan setidaknya dipertahankan dan kami berupaya untuk memperhati lingkungam sekolah sehingga anak belajar dengan baik, nyaman bisa betah di sekolah, dan kami selalu berharap dan terbuka adanya monitoring dari KPAD, sehingga sekolah kami akan terpacu dalam mencerdaskan anak bangsa ini.”jelas Anwar.

Dengan  piagam SRA dari KPAD sumsel ini berarti sekolah ini bertambah beban untuk lebih baik lagi kedepannya, namun yang pasti, lanjutnya,  harus memperhatikan dan meningkatkan terus hak-hak anak, menyayangi anak sehingga dapat selesai dengan baik dan dapat berguna bagi bangsa dan negara serta diri sendiri.

“Karena sebelumnya kami juga mendapatkan piagam sekolah sadar hukum dari kemenkumham provinsi sumsel karena tidak pernah terjadi kegiatan yang melanggar hukum seperti ikut tawuran dan juga Sekolah Pendidikan Keluarga dari BKKBN provinsi tahun 2018 serta sekolah zonasi. Tahun 2019” Urainya.

Sekarang ini lanjut Anwar, ada sepuluh orang anak disekolahnya  yang akan mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat tingkat provinsi sumatera selatan, karena sepuluh anak ini sudah menjuarai di tingkat kabupaten dengan bidang studi kimia, kebumian, matematika, geografi, ekonomi.

“Sekarang tinggal menunggu kesiapan dari provinsi untuk melaksanakan event teraebut pungkas.”Anwar.(diq)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed