Pencinta Batu Akik Baturaja adakan Kontes dan Bazar

Foto : Bupati OKU H Kuryana Tampak sedang melihat-lihat sejumlah batu akik yang akan diikutkan  dalam kontes dan bazar. (armizi/radar sriwijaya)

Radar Sriwijaya (OKU) – Batu akik beberapa tahun lalu sangat buming di seluruh pelosok negeri, namun setelah itu redup, peminatnya jauh berkurang.

Untuk menggairahkan kembali para pencita batu akik,  sabtu (14/12/2019) pencinta batu akik baturaja mengadakan kontes batu akik yang di selenggarakan ditaman kota baturaja dengan mengambil tema ” Bersama Kita Bisa” yang dibuka langsung oleh Bupati OKU,  H Kuryana Azis.

Laporan Ketua Panitia Penyelengara Arjuwin Taqwa, SHI Mengatakan, kontes batu akik di Kabupaten OKU kembali digelar setelah beberapa tahun terakhir tak pernah terdengar lagi gaungnya.

Kegiatan ini diikuti Peserta dari berbagai daerah yang ambil bagian dalam Kontes Batu Cincin 2019 yang digelar di Taman Kota Baturaja, Selain kontes Batu Akik, juga digelar pameran batu akik dan Bazar pada acara yang berlangsung selama dua hari.

Untuk kontes, kelas yang diperlombakan antara lain Biru Langit, Biru Tinta, Purple, Lavender Pink serta berbagai jenis batu alam lainnya Batu Asli Baturaja.

Bupati OKU Drs. H. Kuryana Azis mengharap, kontes ini bisa mendongkrak kembali pamor Batu Asli Baturaja, selain ajang silaturahmi antar komunitas serta pencinta batu cincin baturaja dan menumbuhkan kecintaan terhadap batu akik yang memiliki potensi pasar luar biasa.

Semoga kegiatan ini bisa memberikan kontribusi besar bagi kita semua, terutama masyarakat Kab OKU dengan event yang kita gelar dapat mengembalikan semangat teman-teman pelaku maupun pengerajin batu akik, Semoga melalui pameran dan kontes ini, pasaran batu akik Kita khususnya OKU kembali bergeliat.(Diq)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *