KPUD OKU Timur Mulai Susun Dapil

Radar Sriwijaya— Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) OKU Timur menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) simulasi untuk penyusunan Dapil dan alokasi kursi Pemilu anggota DPRD OKU Timur untuk Pemilu 2019.

Kegiatan ini merupakan tahapan yang sudah dibuat KPU pusat dan KPU kabupaten sebagai pelaksana bulan depan dan sudah masuk DPS.

Berdasarkan simulasi Dapil pasti akan ada perubahan. Karena itu jumlah Dapil belum ditetapkan dan masih dalam tahap simulasi.

“Kami hanya pemakai akhir, agregad kependudukan ada di Capil. Jika ada perubahan untuk perubahan, itu dilakukan oleh Capil kemudian akan lahir DP 4 diakhir Desember maupun awal Januari,”kata ketua KPUD OKU Timur Leo Budi Rachmadi saat memberi penjelasan di acara Rapat koordinasi di gedung Bina Praja I Pemkab OKU Timur Rabu (20/12/2017).

Dijelaskannya, jumlah penduduk OKU Timur 633.810 jiwa, tersebar di 20 kecamatan dalam OKU Timur. Simulasi penghitungan kursi, menentukan jumlah kursi 633.810 = 45 kursi. Menentukan BPPd 633.810/45 = 14.084 (angka pecahan dihilangkan). Menentukan estimasi kursi perkecamatan.

Simulasi penghitugan Dapil, mengelompokan Dapil dari estimasi kursi diatas hanya ada empat kecamatan yang bisa memenuhi syarat untuk menjadi Dapil tersediri diantaranya, Martapura, Buay Madang Timur, Belitang Madang Raya, dan Belitang.

Sedangkan kecamatan-kecamatan yang estimasi kursinya kurang dari tiga harus bergabung dengan kecamatan lain.

“Hal yang perlu diperhatikan dalam penetapan Dapil, kecamatan yang memperoleh alokasi kursi kurang dari tiga harus digabung dengan satu kecamatan atau lebih, dengan ketentuan gabungan kecamatan tersebut alokasi kursinya sedikitnya tiga kursi dan terbanyak dua kursi. Kecamatan yang memperoleh tiga kursi dapat digabungkan dengan satu maupun lebih kecamatan yang berbatasan langsung dalam satu wilayah kabupaten/kota, dengan alokasi terbanyak 12 kursi,” katanya.

Kemudian leo menambahkan, contoh pengelompokan empat Dapil, Dapil satu Martapura, Bunga Mayang, Jayapura, BP Peliung, Madang Suku III, BP Bangsa Raja, dengan jumlah penduduk 153788, alokasi kursi 10, sisa penduduk 12984, peringkat penduduk 1, perhitungan tahap dua 1 tota kursi 11.

Dapil dua, Buay Madang, Buay Madang Timur, Belitang Madang Raya, Madang Suku II jumlah penduduk 162708 alokasi kursi 11, sisa penduduk 7784, peringkat penduduk IV perhitungan tahap tahap dua 0, total kursi 11. Dapil tiga, Madang Suku I, Semendawai Barat, Cempaka, Semendawai Suku III, Semendawai Timur jumlah penduduk 151823, alokasi kursi 10, sisa penduduk 10983, peringkat penduduk dua, perhitungan tahap dua, 1 total kursi 11.

Dapil empat, Belitang, Belitang II, Belitang III, Belitang Mulya, Belitang Jaya, jumlah penduduk 165491, alokasi kursi 11, sisa penduduk 10567, peringkat penduduk III, perhitungan tahap dua 1, total kursi 11. Untuk total kursi 45.

“Kit hanya menerima data dari KPU pusat dan kita hanya menjalankannya,” imbuhnya.

Sementara Assisten I Setda OKU Timur, Mgs Habibullah mengatakan, jika dulu lima Dapil namun berdasarkan data kependudukan akan ada perubahan. Diharapkan kondisi politik dan demokrasi tetap kondusif. Sebelum Pileg dan Pilpres akan ada Pilgub. Sesuai tahapan Pileg dan Pilpres sudah ada tahapan.

“Harapan kita tentunya bisa berjalan kondusip dan aman agar pemilu yang akan datang berjalan dengan lancar tanpa ada kendala” terangnya. (man)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *