Ini…Visi Misi Muchendi Sebagai Bupati OKI

KAYUAGUNG – Sejumlah kandidat bakal calon bupati dan wakil bupati OKI periode 2019-2024 yang saat ini sedang berupaya “merebut” dukungan partai politik sebagai kandidat pada pilkada OKI Juni 2018 mendatang, menawarkan berbagai program kepada masyarakat jika terpilih sebagai bupati dan wakil bupati.

Seperti halnya yang dilakukan oleh bakal calon (balon) bupati OKI H Muchendi Mahzareki yang menawarkan program kepada masyarakat  yang tertuang dalam visi misi mewujudkan masyarakat yang  Religius, Unggul, Aman, Sejahtera dan Adil. Meskipun visi-misi ini perlu penyempurnaan namun setidaknya arah pembangunan yang diinginkan.

“Saya dalam menyusun Visi Misi ini berdiskusi dengan bapak H Ishak Mekki yang merupakan bupati OKI dua periode dan saya yakin beliau sangat memahami kondisi masyarakat OKI serta arah pembangunan yang diharapkan masyarakat, meskipun waktunya sangat singkat namun saya mempersiapkan visi-misi ini.” Katanya.

Visi – Misi tersebut sempat dipaparkan oleh Muchendi dihadapan pengurus DPC Partai Hanura OKI dan Panitia Penjaringan di Sekretariat DPC Partai Hanura Kabupaten Ogan Komering Ilir, kemarin.

Menurut Muchendi, Visi pembangunan tersebut memiliki makna Religius, yakni adalah kondisi masyarakat dan aparatur yang beriman dan bertaqwa, mempunyai harga diri dan martabat yang tinggi dengan dasar keyakinan akan kebenaran ajaran dan nilai-nilai agama yang menjadi pedoman dan tuntunan dalam menjalankan kehidupan.

Kemudian Ungggul, dimana Masyarakat memiliki kemampuan berfikir, beraktualisasi dan memiliki kapasitas inovatif dan kreatif sehingga menjadi masyarakat yang unggul.

Selanjutnya, Aman adalah keadaan tata kehidupan masyarakat yang tertib dan tentram sehingga masyarakat dapat melangsungkan kehidupan dengan tenang dan damai, yang menjamin terselenggaranya pembangunan.

Sedangkan Sejahtera, adalah kondisi masyarakat adalah kondisi masyarakat yang mampu memenuhi  kebutuhan hidupnya baik sandang, pangan, papan, pelayanan pendidikan, kesehatan secara seimbang jasmani  dan rohani guna peningkatan kualitas kehidupannya yang ditandai dengan pertumbuhan ekonomi, sosial, budaya dan politik yang mantap dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, pengelolaan sumber daya alam, dan pelestarian lingkungan hidup.

Sedangkan Adil, adalah terwujudnya pembangunan yang adil dan merata yang dilakukan oleh seluruh masyarakat secara aktif yang hasilnya dapat dinikmati seluruh lapisan masyarakat.

H Muchendi Mahzareki menyerahkan Visi Misi bakal calon bupati OKI kepada ketua DPC Hanura OKI Drs Kamaludin

Sedangkan misi pembangunan adalah Mewujudkan sumberdaya manusia berkualitas tinggi dan berakhlak mulia melalui peningkatan kemandirian, kompetensi, ketrampilan, etos  kerja, tingkat pendidikan, tingkat kesehatan dan kualitas keagamaan. Pemerataan pembangunan diseluruh wilayah dan disemua sektor  prioritas yang berbasis pada kebutuhan masyarakat.

Lalu, Mewujudkan peningkatan kapasitas kelembagaan dan aparatur pemerintahan yang berorientasi pada prinsip-prinsip clean government dan good governance. Memperkuat pemberdayaan perempuan dalam pembangunan sosial  politik, pencegahan kekerasan dalam rumah tangga dan perlindungan terhadap anak.

Selain itu meningkatkan ketersediaan infrastruktur dan keterpaduan tata ruang  wilayah, . Memantapkan pembangunan perdesaan, Mewujudkan ketentraman dan ketertiban wilayah melalui kepastian, perlindungan dan penegakan hukum.

Adapun program prioritas pembangunan,  Bidang Ekonomi,  akan membangun Ekonomi Kerakyatan . Memperkuat Sektor Pertanian Dalam Arti Luas Meningkatkan Daya Saing Produk Khas Daerah , Menciptakan Struktur Ekonomi Kerakyatan Yang Adil Melalui pemberdayaan Koperasi dan UMKM Lembaga Keuangan dan perbankan yang mendorong sektor riil dan memihak rakyat kecil

Bidang Pendidikan,  Pendidikan gratis Untuk masyarakat, Pengembangan Pendidikan Kejuruan,  Optimalisasi Balai Latihan Kerja, Peningkatan pemberian Beasiswa kepada Siswa Miskin dan Berprestasi. Peningkatan akses masyarakat terhadap pendidikan. Pengembangan pendidikan non formal dilakukan sampai ke tingkat pemerintahan terkecil dengan membuka ruang belajar bagi masyarakat umum, untuk menekan angka buta huruf. Meningkatan kesejahteraan dan profesionalisme guru (pendidik). Meningkatkan mutu pendidikan yang berkualitas tinggi.

Kemudian dibidang Kesehatan dan Perlindungan Sosial, program Berobat gratis Untuk masyarakat Peningkatan Akses Masyarakat Terhadap Layanan Kesehatan, Pemerataan Tenaga Dokter dan Paramedis di Seluruh Kecamatan Penerapan Program Kesehatan Preventif jaminan Kesehatan dan jaminan Sosial.

Sedangkan dibidang pemerintahan, dilakukan upaya Peningkatan Potensi Desa, Mewujudkan Penyelanggara Pemerintahan yang Tangkas, Tanggap dan Cepat.  Peningkatan Koordinasi Antar SKPD. Akuntabilitas dan Transparansi Pengelolaan Keuangan Daerah.  Meningkatkan profesionalisme pemerintah daerah dalam  tugasnya melayani masyarakat.

Selanjutnya, mengembangkan potensi dan meningkatkan kemampuan aparatur  pemerintah daerah Kabupaten Pogan Komering Ilir sehingga dihasilkan peningkatan efektifitas dan efisiensi kerja.

Mendukung dan mendorong pengembangan inovasi aparatur pemerintah daerah berdasarkan regulasi yang ada.  Penghargaan terhadap aparatur pemerintah daerah yang berkualitas dan memiliki inovasi yang tinggi.

“Jadi pejabat yang menduduki jabatan memang memiliki keahlian dan disiplin ilmu yang sesuai dengan kemampuannya, jadi tidak akan kita lakukan bongkar pasang pejabat.” Jelasnya.

Mendorong dan mendukung penggunaan aplikasi sistem informasi yang modern untuk menciptakan transparansi pengelolaan pemerintah, terbuka dan terukur.

Terciptanya pusat informasi pelayanan publik dan sumber data yang memberikan informasi terbaru dan terbuka serta terukur untuk penerapan e-government.

“Jadi nanti bupati bisa memantau kinerja pelayanan public di setiap kecamatan terkoneksi melalui cctv di kabupaten.” Katanya.

Sementara itu dibidang Sarana dan Prasarana, Peningkatan jaringan jalan untuk memberikan akses seluas luasnya bagi aktifitas masyarakat dan dunia usaha.  Meningkatkan koneksitas jaringan ransportasi sebagai bentuk pelayanan transport bagi masyarakat di seluruh bagian wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir.

Mewujudkan sarana dan prasarana dasar wilayah disesuaikan dengan prinsip keseimbangan dan kesinambungan lingkungan hidup.  Meningkatkan inovasi terhadap ketersediaan dan pemenuhan air minum / baku bagi masyarakat kabupaten Ogan Komering Ilir.

Meningkatkan sistem pengelolaan dan pengolahan persampahan.  Meningkatkan sistem sanitasi dan drainase di seluruh wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir.  Meningkatkan sistem penanggulangan bencana.

Sedangkan dibidang  Kesejahteraan Rakyat, Sosial dan Budaya akan dilakukan upaya Penanggulangan kemiskinan, Peningkatan Partisipasi dan Representasi Perempuan Dalam Kegiatan Sosial, Ekonomi dan Politik, Penguatan Lembaga Adat, meningkatkan Kesadaran Keragaman Budaya serta Peningkatan Prestasi Pemuda dan Keolahragaan.

“Itu hanya kisi-kisi dari visi dan misi jika saya terpilih, namun visi-misi ini tentu saja akan disinkronkan dengan visi-misi pasangan saya nantinya, sehingga semua akan berjalan selaras.” Ujar putra Wagub Sumsel tersebut. (Tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *