Tanah Dan Air Sungai Komering Dibawa Ke Magelang

KAYUAGUNG – Tanah dan Air Sungai Komering Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Sumatera Selatan (Sumsel) dibawa ke Lembah Tidar  Magelang Jawa Tengah untuk pembangunan Tugu Nusantara yang akan dilakukan  pada puncak peringkat Hari Olahraga Nasional (Haornas), 9 September 2017 mendatang.

Tanah dan Air yang dimasukan dalam dua botol plastic tesebut dibawa oleh rombongan Gowes Touring Pesona Nusantara (GTPN)  2017 yang sempat singgah dikabupaten OKI sebelum melanjutkan perjalanan, Selasa (25/7).

Rombongan Tim Gowes Touring Pesona Nusantara kementrian pemuda dan olahraga (kemenpora) tersebut memulai perjalanan dengan menggunakan sepeda dari dari KM 0 Sabang Aceh sejak 13 Mei 2017 lalu. Tiba di Kabupaten OKI,  rombongan telah menempuh perjalanan sepanjang 3.226 Km  nantinya berakhir di Magelang pada tanggal 9 September 2017.

Wakil Bupati OKI HM Rifai menyampaikan apresiasi kepada Tim GTPN yang telah menempuh perjalanan bersepeda, Atas nama masyarakat OKI wabub merasa bangga atas terpilihnya Kabupaten OKI sebagai daerah yang dilintasi dan dikunjungi oleh rombongan GTPN 2017.

“Hal ini menunjukkan nilai juang yang tinggi dari Tim Gowes yang menjadi Duta olahraga, jelasnya.

Dalam prosesi adat penyerahan tanah dan air, Wabup menyerahkan tanah dan air  Sungai Komering  kepada perwakilan tim GTPN 2017 dengan harapan Tanah dan Air dari Kabupaten OKI akan menjadi bagian dari perekat bangsa.

“Kami titipkan tanah dari bumi bende seguguk dan Air dari sungai komering untuk disatukan dengan tanah daerah lain, ini sebagai bukti bahwa OKI adalah bagian dari NKRI dan tidak akan terpisahkan dari NKRI, ” tegasnya.

Perwakilan kementrian Pemuda dan Olahraga Agus Santoso mengatakan bahwa Gowes Touring Nusantara 2017 ini sebagai upaya kampanye olahraga bagi masyarakat terutama olahraga bersepeda.

“Perjalanan kami dengan Rute sejauh 5.145 km, Sabang-Magelang, melewati 100 kota. “terimakasih atas sambutan Pemda OKI, Polres setempat yang telah memberikan pengamaman demi lancarnya kegiatan ini, sekarang kami telah masuk ke etape ke 5 dengan jarak tempuh 3.226 km, “ungkap Agus.

Dikatakannya, Rombongan Tim Gowes Touring Pesona Nusantara ini berasal dari berbagai wilayah nusantara Kalimantan, Jawa Timur, Jawa Barat, Sumatera Barat, ada yang datang dari kalangan Atlet muda kita, eks atlet dan dari komunitas.(den)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *