Warga Gotong Royong Bangun Dinding Penahan Air

KAYUAGUNG – Warga Desa Mangunjaya Kecamatan SP Padang Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) membangun dinding penahan air  untuk mengendalikan ketinggian debit air yang masuk kedalam sawah warga.

Dengan cara bergotong royong, warga desa bersama dengan unsur pemerintah kecamatan dan dan Dinas Ketahanan Pangan, Tanam Pangan dan Holtikultura (KPTPH) Pertanian OKI membangun penebat atau penutup aliran sungai arisan tunggal yang berada di Desanya.

Aksi gotong royong ini sudah sering kali dilakukan oleh masyarakat setempat untuk kepentingan bersama, sebelumnya warga juga bergotong royong melakukan perbaikan jalan secara swadaya sebelum mengalami kerusakan parah.

Kini warga kembali melaksanakan aksi gotong royong untuk mendukung program pemerintah pusat dalam mensukseskan swasembada pangan, khususnya di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Sumatera Selatan (Sumsel) mengingat sebagain besar masyarakat SP Padang adalah petani.

Dengan menggunakan batang pohon dan terpal jemur, Dinding ini dibuat dan berfungsi untuk mengendalikan ketinggian air yang akan masuk kesawah lebak milik masyarakat.

“Tujuan dari penebatan atau penutupan aliran sungai ini agar sawah lebak yang berada di Desa Mangunjaya, Terusan Laut, Batu Ampar, Ulak Jermun, Terusan Menang dan juga sebagian di Desa Serigeni Baru Kecamatan Kota Kayuagung agar dapat bertanam disawah lebak milik mereka,” ujar Camat SP Padang Herliansyah SSTP MSi, Kamis (20/7) pada saat ikut warga bergotong royong.

Lebih lanjut dikatakannya, dalam mewujudkan pembuatan dinding penahan air tersebut, masyarakat Kecamatan SP Padang mendapat dukungan langsung dari Bupati OKI, H Iskandar SE dengan diberikannya bantuan dana untuk biaya makan kepada masyarakat.

“Tidak hanya itu saja, dukungan penuh juga diberikan oleh Dinas KPTPH Pertanian OKI dengan diberikannya bantuan terpal jemur sebagai dinding penahan air,” jelasnya sembari mengatakan dengan adanya pembuatan ini dapat menurunkan debit air hingga setinggi satu meter.

Kepala Dinas KPTPH Pertanian OKI, Syarifudin SP melalui Kepala UPTD Pertanian, Herman SP mengatakan, luas lahan sawah yang berada di Kecamatan SP Padang tercatat 10594 Hektar, sedangkan untuk sawah pematang telah tertanam seluas 5838 hektar.

“Untuk saat ini dan ditahun sebelumnya mendukung program swasembada pangan kita memanfaatkan lahan pematang dengan melakukan 2 kali tanam atau IP200 diharapkan dengan dibangunnya ini sawah lebak yang dulunya tidak bisa ditanam karena air yang tak kunjung surut dapat tertanam di tahun ini,” katanya.(den)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *