Malam Minggu Puncak Arus Balik Di Pelabuhan Merak

Radar Sriwijaya –  Pemudik yang kembali ke Pulau Jawa dari Pulau Sumatera semakin meningkat di Terminal Terpadu Merak (TTM). Ratusan penumpang diberangkatkan menggunakan bus setelah turun dari kapal di Pelabuhan Merak.

“Kalau data yang kita terima dan informasi yang kita terima dari Bakauheni, itu ada peningkatan lagi, mulai dari jam 10.00 WIB tadi masing-masing kapal rata-rata membawa penumpang pejalan kaki sekitar 400 orang di atas kapal,” kata Kepala Terminal Terpadu Merak, Rizky Gustaf kepada wartawan di ruang kerjanya, Sabtu (1/7/2017).

Pihaknya memperkirakan jumlah peningkatan pemudik yang kembali dari Sumatera ke Jawa akan terus meningkat hingga malam nanti. Bahkan, di prediksi puncak arus balik di Terminal Merak akan terjadi malam nanti.

“Kita perkirakan malam ini puncak, karena menurut informasi hari Senin sudah banyak yang masuk kantor dan beraktifitas seperti biasanya,” katanya.

Sejak H+1 hingga H+4 malam tadi, pihak TTM sudah memberangkatkan sekitar 68.756 orang. Sedangkan, jumlah penumpang yang turun di Terminal Merak terhitung sejak H-10 hingga H-1 lalu berjumlah 94.560 orang.

“Kalau dari penumpang yang telah kita berangkatkan dari H+1 sampai H+4 tadi malam sudah kita berangkatkan 68.756 orang dari penumpang yang turun sejak H-10 sampai H-1 yang turun dari luar TTM dan masuk ke Merak itu sekitar 94.560 orang,” tuturnya.

Sementara itu, untuk kesiapan bus menyambut puncak arus balik tahun ini, lanjut Rizky, sebanyak 520 bus sudah disiapkan dan bus cadangan sebanyak 15 unit. Sejak pagi tadi, 520 bus tersebut belum semuanya terpakai.

“Kesiapan bus kita semua 520 kita menyediakan 15 armada cadangan,” ucapnya.

Rizky menambahkan, dari catatan pihak TTM, rata-rata tujuan para pemudik yang hendak ke perantauannya adalah tujuan Jakarta dan Jawa Barat.

“Rata-rata tujuan di sini Kalideres, Pulogadung, Pulogebang, Tanjung Priok, Cikarang, Bekasi, Cianjur, Bandung, Banjar, Cirebon, dan Karawan,” tutupnya. (ajk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *