H – 1 Idul Fitri Harga Kelapa Parut di OKU Melambung Tinggi

Foto :  Penjual Kelapa di Baturaja. (armizi/Radar Sriwijaya)

**Naik Dua Kali Liput Dari Hari Bisa.

Radar Sriwijaya (OKU) – Tingginya permintaan Kepala parut jelang lebaran Idul Fitri 1445 H /2024 membuat harganya melambung tinggi, naik dua kali lipat.

Tisa (45) seorang ibu rumah tangga sangat kaget dengan kenaikan harga kelapa parut yang melambung tinggi. biasanya harga kelapa parut hanya lima sampai enam belas ribut perkilogramnya, tapi saat jelang lebaran harganya naik menjadi tiga puluh ribu rupiah perkilonya.

Sementara Medi (40) pedagang kelapa parut yang ada di pasar baru baturaja saat di bincangi mengatakan, memang sejak H- 3 lebaran permintaan masyarakat dengan kepala parut sangat meningkat, sementara kelapa sekarang susah untuk dicari.

Sejak H-3 sampai hari ini H-1 idul fitri kebutuhan kelapa parut terus meningkat sementara kita mecari kelapa saat susah, dalam tiga hari ini kita sudah menghabiskan kelapa lebih dari lima ribu butir kelapa, sampai hari ini masyarakat yang mau membeli kelapa parut masih terus bedatangan.

“Kami sejak sebulan lalu sudah membeli kelapa ini dan membelinya bukan di Kabupaten OKU saja tapi sampai ke lampung, bahkan kami minta kirim dari padang, kalau hanya kelapa dari OKU tidak bisa memenuhi permintaan masyarakat.”terangnya.

Sekarang ini kelapa yang ada ini tidak bisa lagi kami jual karena sudah dipesan oleh pemilik rumah makan, bahkan uangnya sudah di lunasi oleh rumah makan tersebut.

Memang Lanjut Medi harga kelapa parut ini naik kalau hari bisa kita jual lima sampai enam belas ribu perkilo, sekarang ini kita menjaul tiga puluh ribu perkilo, kanaikan harga ini karena kita beli kelapanya juga naek.

“Selain itu kelapa yang kita dapatkan kebanyakan dari lampung bahkan dari padang juga ada, makanya harga jualnya naik, sedangkan untuk harga butiran yang bisanya kita jual lima ribu perbutir sekarang jadi sepuluh ribu perbutir tandasnya.” jelasnya. (Diq)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *