oleh

DPRD OKI Proses PAW Yudi Arian Ke Novri Haryanto

photo : Prosesi pelantikan dan ucap janji Anggota DPRD OKI Pengganti Antar Waktu (PAW) Periode 2019-2024. pada Senin (2/10/2023).

Radarsriwijaya.com. (OKI). – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Ogan Komering Ilir (OKI) melaksanakan pelantikan dan ucap janji Anggota DPRD OKI Pengganti Antar Waktu (PAW) Periode 2019-2024. pada Senin (2/10/2023).

Anggota DPRD OKI yang diganti adalah Yudi Arian Komarullah dari Fraksi PDI Perjuangan, sebagai gantinya dilantik Novri Haryanto yang juga merupakan caleg PDI Perjuangan untuk daerah pemilihan (Dapil) III meliputi Kecamatan Pangkalan Lampam, Tulung Delapan, Air Sugihan, Cengal dan Sungai Menang. Yudi diberhentikan lantaran telah melanggar anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART)  PDIP

Novi Haryanto sendiri bukanlah nama yang asing dikalangan politisi. Pada periode sebelumnya Novi Haryanto adalah anggota DPRD OKI dari PDI Perjuangan, namun pada periode 2019 – 2024 dirinya kalah dalam perolehan suara dengan Yudi Arian Komarullah. Namun kini kembali keparlemen untuk melanjutkan sisa masa jabatan.

“PDI Perjuangan telah menjalankan AD/ART partai, dan dilakukan pada 11 September 2023 lalu. Disusul dengan surat PAW di 20 September, lalu proses dijalankan,” ungkap Ketua DPC PDIP Kabupaten OKI, Abdiyanto SH MH.

Abdiyanto yang juga menjabat Ketua DPRD Kabupaten OKI menjelaskan, mengenai PAW, sebelumnya secara internal pihaknya telah melakukan beberapa tahapan dan juga memanggil Yudi serta istrinya untuk menjelaskan aturan PDIP.

“Bahwa di PDIP sesuai SK 25 A, dipertegas lagi peraturan partai, suami istri dilarang beda partai dan itu termasuk pelanggaran berat. Kita sudah menyarankan agar istrinya membatalkan pencalonan, sehingga Yudi tidak melanggar aturan. Namun tetap dilakukan.” Jelasnya.

“Artinya mereka sudah siap menerima konsekuensinya. Sementara untuk Novri Haryanto, kita berharap dapat menjalankan amanah dengan sisa waktu 1 tahun ini betul – betul mengabdikan diri, khususnya bagi dapilnya,” tambah dia.

Terpisah, Novri Haryanto mengatakan, dengan sisa waktu kurang lebih 1 tahun ini, walau dengan jabatan yang terbilang singkat, ia akan berusaha memperjuangkan apa yang menjadi aspirasi masyarakat di dapilnya.

“Untuk aspirasi di Air Sugihan, Pangkalan Lampam, Cengal, Sungai Menang dan Tulung Selapan, yang jelas mungkin utamanya adalah infrastruktur,” kata dia singkat.(ADV/rel)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *