oleh

Baznas OKI Berikan Bantuan Untuk Pelajar

photo: Surat dari Ketua Baznas OKI perihal adanya bantuan bagi para pelajar di OKI.

Radar Sriwijaya (OKI),- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), akan memberikan bantuan kepada para pelajar di OKI.

Bantuan tersebut akan diberikan kepada murid SD, SMP dan SMA sederajat dengan jumlah bervariasi sebagai upaya untuk meringankan beban ditengah pandemi covid 19, penyerahan bantuan tersebut akan diberikan simbolis bertepatan dengan peringatan Hari Kemerdekaan 17 Agustus 2020, sembari menunggu validasi data lainnya.

Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kab OKI, Drs H A M Nazir Bayd kepada wartawan membenarkan pihaknya akan memberikan kepada para pelajar di OKI melalui program OKI Cerdas. Pihaknya juga telah meminta Dinas Pendidikan OKI untuk melakukan pendataan pelajar yang akan menerima program bantuan yang dimaksud.

“Ini adalah program Baznas OKI, dan program ini sudah yang kedua kalinya, dimana pada peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2019 lalu program ini digulirkan untuk membantu siswa untuk mencukupi kebutuhan perlengkapan sekolah mengingat dalam menghadapi tahun ajaran baru, “terang Nazir Bayd.

Nasir Bayd menjelaskan, bantuan ini diberikan hanya kepada murid-murid tertentu sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan dengan kuota yang berbeda setiap jenjangnya.

Untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) kuota penerima sebanyak 800 orang, dengan besaran bantuan tunai Rp 400.000 per anak.

“Kemudian untuk tingkat SMP dengan jumlah kuota 400 anak masing – masing dengan besaran Rp 500.000 per anak.

Selanjutnya  untuk SMA sederajat kali ini hanya mimiliki jumlah kuota 100 siswa dengan besaran bantuan Rp 600.000 per- siswa, ” Sambung Nazir.

Adapun bantuan akan diberikan dengan kriteria ketentuan sebagai berikut, yakni bagi siswa dari keluarga miskin atau kurang mampu yang dapat dipertanggungjawabkan oleh Kepala Sekolah dan dengan surat keterangan dari Lurah atau Kades setempat, selanjutnya berprestasi atau minimal tidak sering bolos serta belum pernah mendapatkan bantuan atau bea siswa baik dari pemerintah, instansi tertentu atau organisasi lainnya.

Nazir berharap semoga sedikit bantuan tunai ini nantinya dapat membantu orang tua atau wali siswa dalam mencukupi kebutuhan sekolah untuk anaknya dalam menghadapi tahun ajaran baru.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan OKI, H Muhammad Amin, S.Pd, MM melalui Kabid Pembinaan SMP, Drs. Tri Jono, MS membenarkan akan adanya bantuan bersumber dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten OKI dan tengah dalam proses.

“Iya bantuan yang dimaksud adalah bantuan dari Baznas OKI yang akan dibagikan kepada siswa/i namun dengan kriteria tertentu. Sementara bagi pihak Disdik OKI disini hanya sekedar rekrutmen data siswa yang layak menerima bantuan tersebut.” kata Tri.

Prosesnya, data penerima dikumpulkan dari kepala sekolah masing – masing dan tentunya telah dipilih sesuai kriteria dan kuota permintaan dari Baznas OKI.(amj)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed