oleh

Ribuan UKM OKI Bakal Terima Bantuan akibat pandemi Covid-19

Photo : Sosialisasi bantuan modal UKM dalam rangka pemulihan ekonomi dampak covid – 19.

Radar Sriwijaya (OKI),- Sebagai upaya pemulihan ekonomi bagi para pelaku usaha kecil mikro menengah di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) akibat dampak dari pandemi covid-19, pemerintah setempat melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian segera menyalurkan dana bantuan permodalan kepada UKM yang terdampak.

Meskipun belum diketahui secara pasti jumlah penerima dan besaran bantuan permodalan yang akan diberikan, namun saat ini Diskop UKM dan Perindustrian OKI segera menyelesaikan validasi data penerima yang sebelumnya telah disampaikan pemerintah desa/kelurahan yang diketahui oleh pemerintah kecamatan.

Kepala Diskop UKM dan Perindustrian OKI, Herliansyah Hilalludin mengatakan, pihaknya sudah menerima data dari 18 kecamatan di Kabupaten OKI dan saat ini sedang dilakukan validasi data dan direncanakan bulan ini akan disalurkan.

“Jadi kita hanya menerima data dari pemerintah desa, artinya usulan dari pemerintah desa yang dilengkapi dengan sejumlah persyaratan seperti KTP,KK, Surat Keterangan Usaha, buku tabungan Bank BRI.” Katanya saat dikonfirmasi,kemarin.

Menurut Herly, Jumlah data yang divalidasi sudah lebih dari 8.000 UKM dan sedang sekarang masih dalam proses. selanjutnya data yang dinyatakan mencukupi syarat akan dimasukan dalam daftar penerima bantuan yang akan dituangkan dalam SK Bupati.

“Penerima bantuan permodalan diberikan hanya satu kali kegiatan, penerimanya sesuai dalam daftar SK Bupati. Untuk jumlah pastinya kita belum tau karena sekarang sedang dilakukan validasi,” katanya.

Herly juga menjelaskan, besaran jumlah bantuan permodalan bagi UKM ini akan diberikan dengan jumlah yang sama untuk masing – masing UKM.

“Kalau besarannya akan kita rapatkan dulu termasuk berapa jumlah kuotanya, disesuaikan dengan kemampuan daerah.” Ujarnya tanpa mau merinci besaran anggaran yang dialokasikan.

Bagi para pemilik UKM yang dinyatakan layak untuk menerima bantuan permodalan, selanjutnya akan dana akan dikirim melalui rekening bank BRI. Untuk penyaluran bantuan akan dilakukan secara simbolis oleh Bupati OKI yang dilanjutkan dengan penyaluran kepada seluruh penerima.

“Kita sengaja pilih Bank BRI karena jangkauan lebih luas sampai di 18 Kecamatan.” Tukasnya.
Lebih lanjut Herly mengatakan, pemberian bantuan ini sebagai wujud perhatian Pemkab OKI bagi masyarakat yang mengalami dampak covid 19.

“Jadi memang tidak semua daerah yang menyalurkan program seperti ini, dan ini adalah komitmen bapak Bupati OKI dalam membantu pemulihan ekonomi menuju new normal,” katanya.(den)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed