oleh

Anggota DPRD OKI Jaring Aspirasi Dari Daerah Pemilihan

-Advertorial-1.882 views

Dalam rangka menjaring aspirasi dari berbagai masyarakat terutama di daerah pemilihan (dapil) untuk diajukan dalam program pembangunan, para Anggota DPRD OKI  melakukan reses atau turun langsung kelapangan untuk menjaring aspirasi dari masyarakat didapil masing-masing, terhitung mulai tanggal 10 – 15 Agustus 2018.

Reses Anggota DPRD OKI  Dapil I

Seperti halnya Dapil 1, meliputi Kecamatan Kayuagung Pedamaran, Tanjung Lubuk, Teluk Gelam dan Pedamaran Timur, pada selasa (14/8/2018) lalu,   sebanyak 12 anggota DPRD Kabupaten OKI menggelar reses pertama tahun 2018. Bertempat di aula kecamatan Tanjung Lubuk kabupaten OKI

Anggota DPRD OKI Dari Dapil I melakukan reses di Kecamatan Tanjung Lubuk

Ke 12 anggota DPRD Dapil I tersebut yakni H.  Yusuf Mekki yang sekarang merupakan ketua DPRD OKI dari PDIP  Agus Salim MT dari Demokrat,  Juni Alpansuri (Hanura).  Agus Hasan Mekki (Golkar), Solahuddin Djakfar (Nasdem), Abdul Hamid (Gerindra), Asmawati (PAN), Laharsen Murtadho (PKS), Bambang Irawan (Demokrat), Nyoman warsayasa (PDIP), Joni T (PBB)  dan Suwandi (PKB)

Banyak usulan yang disampaikan warga kepada dewan, antara lain permintaan perbaikan ruas jalan Seri Tanjung – Tanjung Harapan sepanjang lebih kurang 5 km ditambah rehab jembatan besi di ruas tersebut.  Usulan ini disampaikan M.  Yusuf,  perwakilan warga Seritanjung.

Warga juga membahas persoalan sampah di pasar Tanjung Lubuk.  Menurut warga sudah saatnya kecamatan Tanjung Lubuk memiliki mobil sampah hingga penanganan sampah di kecamatan tersebut bisa maksimal.

Menanggapi usulan warga tersebut,  salah satu anggota DPRD OKI Juni Alpansuri menyatakan selama 2 tahun anggaran terakhir,  perbaikan ruas jalan Tanjung Lubuk – Seri Tanjung  sepanjang 14 km sudah dianggarkan. Akan tetapi pembangunannya dimulai dari arah Tanjung Lubuk. Mungkin karena anggaran yang terbatas sehingga perbaikannya belum sampai ke Desa Seri Tanjung.

“Insya Allah kedepan akan dianggarkan kembali dan kita usulkan  ruas Seri Tanjung – Tanjung Harapan sebagaimana yang diharapkan warga, ” ujar politisi Partai Hanura ini.

Kegiatan reses itu sendiri dihadiri oleh Camat Tanjung Lubuk Abdul Hakim dan jajarannya serta puluhan aparat pemerintahan desa se kecamatan Tanjung Lubuk serta perwakilan warga.

Reses Anggota DPRD OKI Dapil 2

Sementara itu  Reses juga dilakukan oleh  anggota DPRD OKI dari daerah pemilihan (dapil) II meliputi Kecamatan SP Padang, Jejawi, Pampangan dan Pangkalan Lampam kebanjiran aspirasi warga. Reses yang dilakukan di Kecamatan Pampangan, OKI, Senin (13/8) didominasi aspirasi sektor infrastruktur.

Anggota DPRD OKI dari Dapil II Berhoto bersama usai menggelar kegiatan Reses

Elnaldi, ST (PDI-P)didampingi anggota dewan lainnya Rohmat Kurniawan, SE (PAN), Efredi Julianto ST(Golkar), Hj Yusmin (PAN), dan Febriansyah ST MM (PKS), Mulkan Yahuza (Gerindra) Ahmad Mahidin (Demokrat) menjelaskan ada sejumlah poin penting yang menjadi atensi antara lain sebagian besar warga meminta perbaikan dan pembangunan infrastruktur jalan lebih diutamakan.

“Seperti ruas Jalan Tanjung Aur-Pulau Layang, Kecamatan Pampanvan warga meminta penimbunan, perbaikan jalan Riding-Bukit Baru, Kecamatan Pangkalan Lampam dan desa lainnya,” kata Elnaldi, Rabu (15/8).

Disamping itu pula, masih kata Elnaldi, warga juga meminta agar dilakukan normalisasi sungai, bantuan bibit padi dan lainnya.

Dia mengaku semua aspirasi yang diusulkan ditampung untuk segera ditindaklanjuti. Kendati tidak begitu mendesak, namun pihaknya tetap akan memperjuangan usulan warga.

“Semua usulan akan diperjuangkan. Bagi usulan yang bersifat mendesak atau prioritas, maka secepatnya dimasukkan dalam ABT 2018. Ya, jika tidak terlalu mendesak, tetap dimasukkan ditahun anggaran 2019,” terangnya.

Reses Anggota Dapil III

Reses yang dilaksanakan oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) dari daerah pemilihan III meliputi Kecamatan Air Sugihan, Tulung Selapan dan Cengal mengambil lokasi di Desa TUlung Selapan Ilir Kecamatan Tulung Selapan, Senin (13/8/2018).

Anggota DPRD OKI Dari Dapil III saat melakukan Reses

Anggota DPRD OKI dari dapil tersebut yakni H Subhan Ismail (Nasdem), Budiman (PAN), Depit (Hanura), Nanda (Gerindra), Nopri Haryanto (PDIP) dan Rampeli (PDIP), Hj Melly Mustika SE MM (PDIP) menyambangi Desa Selapan Ilir Kecamatan Tulung Selapan OKI untuk bertemu langsung dengan masyarakat yang diwakilinya.

Dalam kegiatan itu, para anggota DPRD OKI tersebut berkesempatan mendengarkan masukan serta aspirasi terkait permasalahan penyelenggaraan pemerintah daerah maupun kebutuhan pembangunan daerah yang disampaikan baik dari pemerintah desa maupun warga setempat.

Aspirasi dan masukan – masukan yang sudah diperoleh pada kegiatan tersebut, selanjutnya menjadi kewajiban bagi setiap anggota DPRD untuk diperjuangkan dan ditindaklanjuti dalam program pembangunan daerah sesuai dengan kewenangannya.

“Untuk Desa Selapan Ilir, karena sudah rusak, masyarakat meminta perbaikan jalan Mangga II menggunakan aspal penetrasi dan memohon pengadaan alat berat untuk digunakan dalam pembukaan lahan perkebunan mereka,” ungkap Subhan didampingi Budiman dan rekan satu dapil lainnya.

Selain itu, lanjut Subhan, masyarakat juga meminta disediakan pemadam kebakaran (damkar), pengadaan sekolah, jalan setapak layak sepanjang 200 meter, sumur bor dan konblok. Di Rt 13, mesin sumur bor sudah rusak jadi minta diganti. KTP elektronik juga masih terkendala.

Sambung Subhan, apa yang disampaikan masyarakat akan kita tampung karena dalam sistem perencanaan pembangunan daerah. “Hasil reses merupakan bagian dari penyusunan pokok – pokok pikiran DPRD, yang nantinya digunakan dalam tahapan penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD),” pungkas dia.

Reses Anggota Dapil IV

Bagi Anggota DPRD OKI yang berasal dari Dapil IV yakni Kecamatan Mesuji Induk, Mesuji Raya, Mesuji Makmur dan Sungai Menang, reses merupakan momentum yang dapat digunakan untuk secara langsung berkomunikasi dan mendengarkan keluhan masyarakat, sebab melalui reses ini seluruh anggota DPRD OKI dari Dapil IV meskipun lintas partai semuanya hadir, sehingga jika ada yang diperjuangkan dari dapil tersebut akan mendapatkan dukungan dari seluruh anggota yang berasal dari dapil tersebut. Mayoritas aspirasi yang disampaikan masyarakat minta perbaikan infrastruktur jalan.

Reses Anggota DPRD OKI Dapil IV

Anggota DPRD  OKI Dapil IV yakni Jauhari AMD (PKS), Ni wayan Siti Sunaryase (PDIP),Marzuki HR (Golkar,  Meri SPd, (PKB) H Mahrim (Demokrat), Dwi Megawati (gokar) dan Agus Masnanto SP MP (Hanura), Dani Sukisno (Demokrat), Amirsyah (Demokrat)

Anggota DPRD OKI, Meri  SPd mengatakan, dari tiga kecamatan yang sudah  disambangi banyak keinginan masyarakat untuk minta perbaikan infrastruktur jalan.” Karena ini akses yang sangat penting dalam menunjang perekonomian masyarakat,”terangnya. Rabu (15/8).

Seperti di Kecamatan Sungai Menang masyarakat menginginkan jalan darat  antar desa, sambungan listrik yang semakin baik dan lainnya. Begitupun di Kecamatan Mesuji Raya  banyak kondisi jalannya rusak, karena tonase jalan tidak sesuai dengan muatan truk sawit yang melintas sehingga menghambat pengangkutan sawit ke kota.

Semua aspirasi masyarakat tersebut akan ditampung untuk  disampaikan dan diperjuangkan kepada pemerintah pada rapat Paripurna. Karena dalam sistem perencanaan pembangunan daerah hasil reses merupakan bagian dari penyusunan pokok pikiran DPRD.

” Nanti akan digunakan dalam tahapan penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD),” imbuhnya.

Karena sebagai wakil rakyat wajib hukumnya untuk memperjuangkan semua aspirasi masyarakat yang sudah disampaikan secara langsung dalam kegiatan reses ke daerah tersebut.

Sinergi antara pemerintah daerah dengan DPRD OKI penting dilakukan karena menjadi perwakilan bisa mewakili masyarakat.

Reses Anggota Dapil IV

Sedangkan Reses Anggota DPRD OKI dari daerah pemilihan V meliputi kecamatan Lempuing dan Lempuing Jaya dilaksanakan oleh para wakil rakyat dari dapil tersebut diantaranya Wayan Sude DE (Demokrat), Drs Kamalludin (Hanura), Nawawi Anang (Golkar), Sukis Raharjo (PDIP), H Agustam (Nasdem), Maryani (Gerindra), Suwarsono (PKB).

Anggota DPRD OKI Dapil V Kecamatan Lempuing dan Lempuing Jaya saat melakukan reses I tahun 2018

Dalam kegiatan itu, para anggota DPRD OKI mendengarkan masukan serta aspirasi terkait permasalahan penyelenggaraan pemerintah daerah maupun kebutuhan pembangunan daerah yang disampaikan baik dari pemerintah desa maupun warga setempat.

Memang pada umumnya usulan dari masyarakat merupakan persoalan infrastruktur seperti jalan dan jembatan, normalisasi sungai, serta penerangan jalan, selain itu warga juga meminta evaluasi terkait irigasi teknis yang tidak bisa dimanfaatkan oleh warga Desa Sumber Agung.

“Selain itu warga juga meminta adanya penambahan local belajar, ini semua akan kita tamping dan akan kita sampaikan dalam pokok-pokok pikiran Anggota DPRD OKI.” Kata Drs Kamalludin. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed