2018, APBD Muara Enim Berkurang Rp.400 Miliar

MUARA ENIM,- Pada tahun 2018 mendatang, Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Muara Enim diperkirakan akan mengalami pemangkasan sekitar Rp.400 miliar, besarnya dipangkas tersebut jelas menyebabkan kondisi keuangan daerah kian tidak sehat, pemerintah harus berpikir keras untuk mencukupi kebutuhan anggaran pembangunan.

Pemangsakan itu disampaikan Bupati Muara Enim, Ir H Muzakir Sai Sohar saat menghadiri kegiatan Safari Ramadhan sekaligus peringatan Nuzulul Quran tingkat Kabupaten yang digelar di Masjid Al Baniah, Kecamatan Ujan Mas, Kemarin.

Bupati mengatakan rencana pemangkasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun depan sebesar 38 triliun. Kondisi itu membuat APBD Muara Enim kembali dipangkas mencapai Rp 400 miliar.

“Pemangkasan APBN kembali berlaku tahun depan sehingga kabupaten Muara Enim bakal kembali merasakan imbas, diprediksi Rp 400 miliar anggaran akan hilang,”kata Bupati.

Bupati mengakui, akibat kondisi tersebut membuat pemerintah harus berpikir keras membiayai rencana pembangunan. Karena kondisi keuangan yang terbatas juga terpaksa membuat beberapa program pembangunan tertunda. Kondisi ini sudah berlangsung 2 tahun terakhir termask tahun depan.Seluruh anggaran akan tetap dimaksimalkan pada program prioritas.

Bupati meyakini kondisi ini akan berangsur normal beberapa tahun depan. Bahkan dia memprediksi, ditahun 2019 keuangan daerah akan berangsur membaik seiring meningkatnya perekonomian negara ditingkat global. (jaz)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *