oleh

UMKM OKU Ramai-ramai Daftar untuk Menerima Bantuan Tahap II

Foto armizi/Radar Sriwijaya

 

Radar Sriwijaya (OKU) – Para masyarakat pengusaha kecil menengah di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) berbondong – berbondong mendatangi Kantor Koperasi dan UKM sejak tiga hari belakangan.

Kedatang masyarakat ini untuk menyerahkan berkas (pendaftaran) untuk mendapatkan bantuan dana Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam upaya memulihkan ekonomi nasional sebagai dampak pandemi Covid-19 melalui program Pemulihan Ekonomi oleh kementrian koperasi dan UKM, bantuan yang akan di dapat oleh masyarakat tersebut sebesar 2,4 juta setiap satu orang yang miliki usaha kecil mengah.

Sudah 3 hari ini masyarakat berduyun – duyun mendatangi kantor dinas koperasi dan UKM kabupaten OKU untuk mendaftarkan diri sebagai penerima bantuan tersebut.

PJS Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten OKU, Fahmi Alian, S.Sos, melalui Kabid Koperasi, Ermuni, S.PT, M.Si saat ditemui di ruang kerjanya selasa (13/10/2020) mengatakan,  sudah tiga hari ini antusias masyarakat yang mendaftarkan diri untuk mendapatkan bantuan UMKM lumayan banyak untuk tahap II ini, dibandingkan yang tahap I.

“Kita yang ada di kabupaten ini hanya menerima berkas saja, nanti akan kita ajukan ke kementrian karena yang memutuskan lolos dan tidak nya ada di kementrian. untuk Kuotanya kan 12 juta UMKM yang akan disalurkan oleh kementerian untuk seluruh indonesia. Setelah kuota tersebut penuh maka pendaftaranakan ditutup.”urainya.

Ermuni menambahkan, untuk tahap II pendaftarannya diberikan tenggang waktu hingga minggu ke tiga di bulan November 2020. Sesuai dengan surat edaran dari kementerian.

“Sekarang kita masih terus menerima berkas yang masuk, setiap barkas yang sudah masuk langsung kita data tanpa menunggu waktu dan langsung kita kirim ke kementerian, sehinggga berkas tidak menumpuk.” katanya.

Sementara menerangkan, untuk tahap pertama yang sudah lolos sebanyak 4131 berkas UMKM, namun pihaknya tidak mengetahui apakah sudah cair semua atau belum.

“Karena cairnya pun bertahap dan bukan melalui kita. namun melalui bank penyalur. tetapi info baiknya yang pengajuan tahap pertama itu sudah ada yang cair. namun jumlah nya berapa kita tidak tahu.”ungkap Ermuni.

Pihaknya harapkan kepada seluruh masyarakat khususnya tahap I yang belum cair harap bersabar, karenapencairan ini bukannya sekaligus tapi bertahap.

“Nanti ada pemberitahuan dari pihak bank bila mano uangnya sudah masuk rekening penerima. Perlu diketahui bagi masyarakat yang mendaftar dan memilik hutang di bank atau memiliki tabungan di bank melebihi dari bantuan yang akan diterima maka secara otomatis tidak akan memdapatkan bantuan tersebut.” pungkas Ermuni.(Diq)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 comment

News Feed