oleh

1000 ASN  OKI  Disumpah

Radar Sriwijaya (OKI),- Sebanyak 1000 orang Aparatur Sipil Negara (ASN) Dilingkungan Pemkab OKI diambil sumpahnya, pengucapan sumpah ini dilakukan bukan kepada para ASN yang baru diangkat, tetapi memang sejak diangkat sebagai ASN yang bersangkutan belum pernah disumpah. Pengambilan sumpah jabatan ini dilakukan di Gedung Kesenian Kayuagung, selasa (24/9).
Wakil Bupati Ogan Komering Ilir (OKI), H M Dja’far Shodiq saat mengambil sumpah para ASN tersebut mengatakan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan pemerintah kabupaten (Pemkab) OKI memiliki integritas yang tinggi.
Diterangkannya, PNS merupakan salah satu unsur penting yang menentukan keberhasilan pembangunan dan penyelenggaraan pemerintahan. Untuk itu, PNS sebagai abdi negara dan abdi masyarakat dituntut mempunyai sikap dan perilaku serta dedikasi yang tinggi, kesetiaan, ketaatan kepada negara, bermoral dan bermental baik, profesional, sadar akan tanggungjawab serta mampu menjadi perekat persatuan.
“Jadi PNS itu harus memiliki integritas, professional, netral dan bebas dari intervensi politik bersih dari praktik korupsi, kolusi dan nepotisme serta mampu menyelenggarakan pelayanan publik bagi masyarakat dan mampu menjalankan peran sebagai bagian dari birokrasi,” ungkapnya.
“Saya ucapkan selamat kepada Pegawai Negeri Sipil yang baru saja disumpah. Selamat bekerja dan hendaknya dapat memfokuskan tenaga, perhatian dan pikiran pada proses penataan, perbaikan dan produktivitas kinerja secuai dengan tuntutan tugas pokok dan fungsi,” tambahnya.
Menurutnya, sumpah janji ini cukup diperlukan sehingga para PNS ini bisa mengingat apa yang telah diucapkan. Dengan begitu PNS ini diharapkan menaati dan menghindari larangan yang telah ditentukan.
Karena, lanjut Shodiq aparatur sipil negara (ASN) atau PNS ini mempunyai peranan penting dalam menentukan keberhasilan pembangunan dan penyelenggaraan administrasi pemerintahan.
“Hendaknya ini didasari sepenuhnya bahwa tanggungjawab dan beban tugas pemerintahan ke depan semakin berat, maka saya harap kiranya dapat mengoptimalkan perannya,” tegasnya.
Pada pengucapan sumpah oleh 1000 PNS ini terdiri dari berbagai instansi di lingkungan Pemkab OKI seperti inspektorat, dinas, kantor, badan RSUD, puskesmas hingga sekolah dilingkungan Kabupaten OKI.
Pengambilan sumpah ini sendiri akan berlangsung selama dua hari, selasa – rabu (24-25/9) dengan masing-masing jumlah PNS yang dilantik perhari 500 orang.
Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) OKI, Hery Susanto didampingi sekretaris BKD, Husni dan Kabid Mutasi, Maulidini menambahkan ketika menjadi seorang sudah PNS salah satu hal yang harus dilakukan adalah pengambilan sumpah.
“Jadi ini kita lihat dan kita ambil dari SK tertua khusus untuk yang belum diambil sumpahnya. Dengan begitu diharapkan para PNS ini dapat betul-betul bekerja berdasarkan sumpah yang telah diucapkan,” pungkasnya. (den)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed