Akhirnya Ibu Tuti Tempati Rumah Baru

Radar Sriwijaya (OKI) –  Melalui program sedekah rombongan komunitas seberkah, Tuti Warga Desa Anyar Kecamatan Kota Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Sumsel, kini bisa menempati rumah barunya yang dibangun secara gotong royong oleh komunitas seberkah.

“Alhamdulillah tadi (jumat, 8/2/2019, red) telah diserahkan kepada Ibu Tuti, sehingga bangunan tersebut telah dapat ditempati dan tinggal difasilitas WC umum,” ujar Ketua Komunitas Seberkah Deddy Kesuma.

Ditambahkan Deddy Kesuma, rumah baru yang ditempatinya kini resmi diserahkan Camat Kota Kayuagung Dedy Kurniawan SSTP, MSi, bersama Ketua Baznas OKI.

Dijelaskan Deddy, program sedekah rombongan oleh komunitas seberkah ini sudah berdiri sejak 2017 yang digagas oleh Camat Kota Kayuagung Dedy Kurniawan, sedangkan anggota komunitas ini berisikan anak muda yang memiliki dedikasi tinggi dan semangat sosial yang luhur.

“Jadi, mereka mencari Rumah Tangga Sasaran (RTS) untuk dijadikan target sasaran penerima sedekah atau bantuan pugar rumah, lalu didapatlah ibu Tuti yang merupakan sasaran ketiga dari komunitas seberkah,” Terang Deddy.

Diceritakannya, menjadikan rumah Tuti tersebut bermula saat komunitas seberkah berkunjung ke Desa Anyar, karena memenuhi sasaran lalu Komunitas Seberkah menyusun Rancangan Anggaran Biaya (RAB) untuk pembangunan rumah yang lahannya milik Ibu Tuti, lalu didapatlah dana dari para donatur, salah satunya dari keluarga almarhum Bp Subrata, Baznas Rp15 juta dan lain-lain RP8 juta.

Pembangunan rumah itu, saat ini menelan biaya Rp 21 jutaan dan sisanya akan disasarkan ke RTS lainnya yang belum memiliki rumah dengan kriteria yang ditemtukan oleh komunitas seberkah melalui rapat penentuan bersama-sama Camat Kota Kayuagung, sehingga bantuan akan tepat sasaran.

“Selain mendapat bantuan pembangunan rumah rencananya Ibu Tuti akan diberi pula bantuan dalam bentuk modal usaha,” papar Deddy.

Dibertahukan Deddy, pembangunan rumah Ibu Tuti saat itu dilakukan secara Gotong royong oleh masyarakat yang berprofesi sebagai buruh bangunan dari Desa Anyar sendiri dan mereka tidak diberikan upah, sehingga semangat kegotong-royongan bisa tumbuh.

Sementara itu, Tuti Warga Desa Anyar mengucapkan terimakasih karena telah dibangunkan rumah yang layak oleh komunitas Seberkah, Baznas dan Para Donatur.

Camat Kayuagung, Dedy Kurniawan, S.STP, M.Si, ketika dihubungi melalui handphonenya berharap dengan adanya komunitas SePwnyberkah ini dapat meningkatkan gerakan semangat bersedekah dan bergotong royong sehingga para pemuda yang ada di OKI bisa bergerak dengan konsep sosial.

“Saya sangat berharap dengan adanya komunitas ini, dapat meningkatkan semangat gotong royong dan bersedekah, dengan konsep sosial,” harap Dedy.(rel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *