oleh

Dandim Berharap IWO OKI Bisa Menyajikan Informasi yang Edukatif

Radar Sriwijaya (OKI) – Komandan Kodim (Dandim) 0402/OKI-OI, Letkol Inf Riyandi menjalin komunikasi serta Silaturahmi bersama Ikatan Wartawan Online (IWO) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) di Makodim 0402/OKI di Kota Kayuagung. Pada kesempatan itu dirinya berharap sejatinya, konten media lebih mengedepankan sisi informatif yang harus dibarengi edukasi berdasarkan literasi dan data valid. Ia berpendapat, tanpa mengedukasi, tulisan berita informatif lebih cenderung dekat dengan provokatif, Kamis (31/01/2019).

Selain mengenalkan diri, ia juga menguraikan visi dan misi kepemimpinan sebagai orang nomor satu di Teritorial Distrik Militer OKI-OI. Dalam pertemuan ini juga, meski kapasitasnya sebagai pimpinan, namun Dandim Riyandi mampu menunjukkan sikap mengayomi selayaknya dihadapannya sejumlah pewarta media merupakan adik binaannya sendiri.

Sejumlah isu hangat, termasuk sebagian sejarah terbentuknya Republik ini diceritakan suasana santai namun terstruktur. Dandim Riyandi juga sempat melontarkan kritikan terhadap perkembangan Pers saat ini. Ia menilai, kalau sekedar menulis, siapapun bisa menulis tanpa muatan informasi mendidik.

Menurut dirinya, sejatinya, konten media lebih mengedepankan sisi informatif yang harus dibarengi edukasi berdasarkan literasi dan data valid. Ia berpendapat, tanpa mengedukasi, tulisan berita informatif lebih cenderung dekat dengan provokatif.

“Sekedar kritikan kepada rekan jurnalis disini, hendaknya dalam menyajikan berita jangan hanya bersifat informatif, tetapi harus berbagi edukasi berdasarkan analisa wartawan sendiri yang dikemas secara komprehensif akan memberikan pengetahuan baru bagi pembacanya. Tidak perlu viral kalau makna dari berita itu sendiri tanpa nilai sama sekali,” ungkapnya.

Lulusan Akabri tahun 2000 ini mengakui, dalam dimensi milenial saat ini, dibutuhkan ketegasan bersikap namun lentur dalam menyampaikan keinginan maupun program agar terlaksana dengan sebaik mungkin.

Perbincangan hangat dengan awak media ini terus mengalir santai, ia juga mengungkapkan kemajuan teknologi berperan besar dalam penyebaran informasi.

“Saya setuju dengan teknologi informasi terkini, namun lebih sependapat lagi jika menggunakan teknologi tersebut tanpa meninggalkan kebiasaan lama seperti kumpul bersama di pos ronda atau semacamnya,” tutupnya.

Sementara itu, ketua Ikatan Wartawan Online (IWO) OKI, Darfian Mahar Jaya Suprana mengucapkan, terimakasih kepada jajaran Kodim 0402/OKI yang telah menerima pengurus dan anggota IWO.

“Salah satu program kerja IWO OKI yaitu melakukan roadshow, awal januari lalu kita sudah melakukan audiensi dan silaturahmi dengan jajaran polres OKI dan kali ini, giliran jajaran Kodim 0402 kedepan masih ada beberapa agenda roadshow yang sudah kita rencanakan,”ungkapnya.(rel)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed