oleh

Metode Discovery Learning Membuat Siswa Lebih Aktif

Penulis : Aprilia Hani Fasiha
mahasiswa PGMI semester 3 dari UIN Raden Fatah Palembang.

Saat melakukan proses observasi pada Mata Kuliah PENGANTAR KURIKULUM yang berlangsung di MI AZHARYAH salah satu madrasah ibtidaiyah yang terletak di 12 ULU PALEMBANG bersama anggota kelompok yang telah d bagi sebelum nya.
Di sana kami melakukan observasi yang merujuk pada model atau pendekatan pembelajaran DISCOVERY LEARNING. Dimana pada pendekatan discovery learning ini siswa di tuntut untuk lebih aktif dari guru, yang mana guru hanyalah sebagai fasilitator dalam sebuah proses pembelajaran.

Pada hari itu tepat nya selasa, 6 November 2018. Alhamdulillah saya mendapatkan amanah dari wali kelas sekaligus kesempatan yang sangat luar biasa untuk mengajar pada salah satu kelas yakni kelas 3a pada jam pertama pelajaran bahasa arab tentang warna.

Alhamdulillah antusias siswa di dalam kelas begitu semangat, saat saya mempersilahkan mereka untuk bertanya mereka begitu antusias, sebelum memulai pembelajaran saya memancing mereka menggunakan beberapa benda yang ada di dalam kelas dengan warna yang berbeda-beda, al hasil mereka lebih cepat menangkap pelajaran pada saat itu.

Kemudian saya juga mengajak mereka untuk melakukan ice breaking dengan menyanyikan lagu pelangi-pelangi menggunakan bahasa arab dengan tujuan agar mereka juga semakin mengingat warna-warna dalam bahasa arab yg sudah d ajarkan.

Pembelajaran aktif di kelas dapat di ciptakan dengan kenyamanan, rasa ingin tahu yang tinggi dari peserta didik itu sendiri, karena guru adalah sebagai fasilitator di dalam kelas agar siswa mampu lebih aktif dan kreatif. Sebagaimana yang telah kita pahami bahwasan nya seorang guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa.(*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed