oleh

MEMBANGUN CARA BELAJAR YANG BAIK DAN MENYENANGKAN

Penulis : Anisa Putri 1730201148
Mahasiswi UIN Raden Fatah Palembang

Salah satu hal yang dikedepankan dalam menciptakan suasana belajar yang baik dan menyenangkan adalah menyertakan partisipasi siswa di dalam kelas, untuk membangun komunikasi antara peserta didik dengan guru. Dan membangun kebiasaan membaca karena dengan membaca peserta didik bisa mendapatkan ilmu pengetahuan yang lebih. Disini saya Anisa Putri ingin berbagi pengalaman observasi saya di SD 159 Palembang yang kurang lebih selama 5 hari.

SD 159 Palembang adalah salah satu SD yang ada di Palembang, saya observasi di kelas IV. Di kelas ini saya melihat budaya belajar yang baik dan menyenangkan. Sebelum memulai pelajaran peserta didik dibimbing oleh seorang guru untuk membaca surah-surah pendek yang ada di Al-qur’an, setelah itu menyanyikan lagu wajib nasional.

Kemudian guru menyampaikan tema yang akan di pelajarai hari itu, guru bertanya kepada peserta didik apa isi dari tema yang akan di pelajari hari itu. Kemudian peserta didik menjawab dan menjelaskan apa yang akan di pelajari dari tema itu. Karena pada hari sebelumnya guru memerintahkan kepada seluruh peserta didik untuk membaca buku pelajaran yang akan di pelajari hari berikutnya.

Kemudian guru menjelaskan materi yang akan di pelajari, setelah materi di jelaskan guru bertanya kepada peserta didik tentang materi tersebut. Rata-rata peserta didik menunjuk tangan untuk menjawab pertanyaan sang guru. Kemudian guru membentuk kelompok-kelompok kecil dan di berikan pertanyaan untuk peserta didik berdiskusi, dan peserta didik bersama-sama mencari jawaban. Setelah semua kelompok selesai berdiskusi, guru memerintahkan masing-masing dari kelompok menulis jawaban di papan tulis dan guru langsung menilai jawaban dari masing-masing kelompok.

Menurut saya cara belajar di sekolah ini cukup baik, dengan membentuk kelompok-kelompok kecil bisa menjalin keakraban antara peserta didik dengan guru dan bisa menciptakan komunikasi yang baik antara peserta didik dengan guru. Dengan ini bisa membangun cara belajar yang baik dan menyenangkan.(*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed