Belajar Yang Baik Di Temui Pada Masa SD ( Sekolah Dasar )

Penulis : Fitri Handayani (1730201180) Mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang

Belajar merupakan sebuah proses perubahan di dalam hidup manusia dari tidak tahu menjadi tahu perubahan tersebut ditampakkan dalam bentuk peningkatan kualitas dan kuantitas tingkah laku seperti peningkatan kecakapan, pengetahuan, sikap, kebiasaan,pemahaman keterampilan, daya pikir dan kemampuan- kemampuan lainnya.

Belajar ialah berusaha memperoleh kepandaian atau ilmu, berlatih berubah tingkah laku atau tanggapan yang disebabkan pengalaman. Sangat penting belajar bagi manusia agar mereka lebih pandai dan siap untuk menghadapi dunia, tanpa belajar kita tidak akan mempunyai kepandaian apapun.

Belajar yang paling baik ditemui pada saat kita Sekolah Dasar (SD), mengapa demikian karena pada saat SD kita sangat semaangat sekali dalam belajar ketika guru menjelaskan kita mendengarkan, dan selalu bertanya ketika guru mengajukan pertanyaan, coba kita lihat sangat berbeda SD, SMP,serta mahasiswa cara mereka belajarnya, anak SD sangat semangat sekali dalam belajar tidak pernah mengeluh, mengantuk dan lain-lain. Kalau sudah pernah mengajar anak SD tentunya sangat tahu betapa senangnya mengajar anak sd tersebut. Anak SD sangat enak sekali mengajarnya.

Masa-masa SD sangat indah untuk dikenang apalagi guru-guru dalam mengajarnya sangat baik dan ramah, guru SD sangat tulus dalam mendidik dia mengajari anak sampai bisa, dia selalu sabar dalam menghadapi anak-anak, berbeda kalau kita sudah ketingkat smp, kalau SD masih sangat istimewa, belajar yang baik itu ada pada saat kita SD dimana semua pertanyaan yang tidak kita ketahui di lontarkan dengan nada anak-anak yang lucu.

Anak SD juga tidak malu untuk bertanya mereka selalu semangat dalam belajar apalagi kalau di ajak bernyanyi mereka sangat senang, bagi guru-guru yang mengajar tetap semangat dalam mendidik anak-anak didik sehingga mereka menjadi anak yang cerdas dan bisa bermanfaat bagi orang lain,guru SD sangat besar jasanya mereka mendidik anak dari anak tersebut tidak tahu apa-apa sehingga menjadi tahu, jangan memandang tugas guru SD itu mudah, tugas guru Sd tidak mudah yang seperti kita lihat karena mereka menghadapi anak-anak yang banyak dan berbeda karakter.

Guru merupakan profesi yang sangat mulia,mengajari anak-anak sesuatu yang tak ternilai yang tidak bisa di balas dengan apapun. Meski anak-anak banyak yang nakal tetapi dia tetap sabar. Guru SD saya sangat baik-baik pada saat saya SD kebanyakan orang memnadang guru itu tugas nya mudah tetapi setelah saya terjun langsung observasi kesekolahan banyak anak-anak yang nakal susah untuk menghadapinya tetapi guru tetap sabar,itulah sekarang saya mengetahui betapa tidak mudah nya menjadi seorang guru.

Meski anak-anak bertanya semuanya guru tetap menjawab satu persatu dan menjelaskan pertanyaan anak-anak tersebut. Anak SD sangat semangat belajar apalagi guru yang mengajar guru yang mereka sukai, mereka tidak pernah,bermasalah-malas untuk belajar berbeda dengan mahasiswa yang bermasalas-malas dalam belajar kalau kita ingin sukses tanamkannlah semangat belajar seperti anak SD yang selalu semangat dalam mengikuti pelajaran meskipun panasnya ruangan tersbut.

Menanamkan semangat belajar itu sangat penting, kita lihat anak SD dalam belajar mereka sangat semangat sekali belajar setiap hari banyak pertanyaan yang di tanyakan ketika disuruh menulis mereka menulis, mereka juga tertib dalam belajar dan indah untuk diabadikan ketika mereka belajar banyak ekspresi yang berbeda-beda dalam mengajar jadi guru SD sangat menyenangkan. Belajar yang sangat baik dan mengesankan dijumpai pada saat kita SD.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *